Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedaulatan Sistem Pembayaran Dukung Stabilitas Ekonomi RI

Kompas.com - 01/12/2023, 16:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, arah bauran kebijakan bank sentral pada tahun 2024 mencakup kebijakan moneter, yang difokuskan pada stabilitas.

Ini khususnya pencapaian sasaran inflasi dan stabilitas nilai tukar rupiah.

Dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI), Rabu (29/11/2023) lalu, Perry menjelaskan, empat kebijakan BI lainnya yaitu kebijakan makroprudensial, kebijakan sistem pembayaran, kebijakan pendalaman pasar uang dan pasar valas, dan kebijakan ekonomi keuangan inklusif dan hijau terus diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Baca juga: Konektivitas Sistem Pembayaran Bakal Dorong Aktivitas Ekonomi

Ilustrasi uang rupiah.SHUTTERSTOCK/DEVMOGRAPH Ilustrasi uang rupiah.

Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara Ario Tejo Bayu Aji menjelaskan, pihaknya yang berperan sebagai penyedia infrastruktur sistem pembayaran akan terus mendukung upaya serta arah kebijakan sistem pembayaran yang terus diakselerasi lebih lanjut sebagaimana yang tertuang dalam Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.

Ario juga mengungkapkan pandangannya mengenai urgensi mendukung kedaulatan Indonesia dalam sistem pembayaran.

Menurutnya, strategi ini memerlukan dukungan yang luas, terutama jika dilihat dari kerangka kerja Bank Indonesia (BI) yang sudah mencakup dengan sangat komprehensif.

“Kami meyakini bahwa hal ini dapat berperan dalam menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di masa mendatang, terutama dengan hadirnya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Kartu Kredit Indonesia (KKI), dan perluasan kerja sama sistem pembayaran ritel antarnegara melalui QRIS di mana Jalin hadir di balik layar untuk menyediakan infrastruktur yang handal dan nyaman bagi seluruh member perbankan dan fintech," ujar Ario dalam siaran pers, Jumat (1/12/2023).

Baca juga: Sistem Pembayaran: Pengertian, Tujuan, dan Komponennya

Pada acara PTBI 2023, BI memberikan penghargaan Bank Indonesia Awards tahun 2023 kepada 64 mitra strategis yang berasal dari perbankan, korporasi, dan perorangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com