Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Kuota, Jadwal, dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024

Kompas.com - 01/03/2024, 11:38 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai instansi dan perusahaan menyelenggarakan mudik gratis 2024. Salah satunya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui program Mudik Gratis Kemenhub.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Mudik Gratis Kemenhub diadakan untuk mengantisipasi pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor.

Sebab, berpergian jarak jauh menggunakan sepeda motor memiliki potensi kecelakaan yang sangat tinggi akibat berbagai faktor seperti kelelahan.

Baca juga: Jadwal Pendaftaran Program Mudik Gratis Lebaran 2024

Dengan mengikuti program mudik gratis 2024 ini maka pemudik masih tetap bisa membawa sepeda motornya ke kampung halaman karena Kemenhub juga menyediakan angkutan untuk mengangkut sepeda motor.

Adapun pada tahun ini, program Mudik Gratis Kemenhub tersedia melalui jalur darat, laut, dan kereta api yang dilaksanakan oleh masing-masing direktorat jenderal.

Setiap program Mudik Gratis Kemenhub ini memiliki kuota, cara daftar, dan jadwal masing-masing. Untuk itu, simak rincian ketentuan mudik gratis 2024 yang diselenggarakan Kemenhub:

1. Mudik Gratis Kemenhub dengan Bus

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk.

Pendaftaran program gratis ini hanya dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat yang direncanakan akan dibuka pada 5 Maret-3 April 2024.

Kuota mudik gratis Kemenhub melalui jalur darat ini, tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk yang dapat menampung 900 unit sepeda motor.

Adapun keberangkatan arus mudik gratis dengan bus dan truk ini akan dilakukan pada 5-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakuan pada 14-15 April 2024.

2. Mudik Gratis Kemenhub dengan Kereta Api

Selanjutnya untuk Mudik Gratis 2024, Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api yang tiketnya dapat dipesan selama 4 Maret-18 April 2024.

Pada mudik gratis dengan kereta api ini, kuota yang disediakan sebanyak 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor.

Adapun jadwal keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.

Baca juga: BUMN Bakal Sediakan Mudik Gratis Lebaran 2024, Kuota 80.000 Orang

3. Mudik Gratis Kemenhub dengan Kapal Laut

Sementara untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program Mudik Gratis 2024 Sepeda Motor dengan Kapal Laut. Namun untuk ketentuan dan jadwal pendaftarannya masih belum diumumkan.

Yang jelas, pada Mudik Gratis Kemenhub dengan kapal laut ini, Kemenhub menyediakan kuota sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, yang dijadwalkan berangkat pada 3-17 April 2024.

Itulah kuota, jadwal, dan cara daftar Mudik Gratis Kemenhub tahun ini. Yuk siap-siap ikut mudik gratis 2024.

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis Dishub Jabar 2024 dan Syaratnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com