Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Siapkan Rp 197,6 Triliun untuk Penukaran Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri

Kompas.com - 15/03/2024, 13:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mempersiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp 197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang rupiah pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlinson Hakim mengatakan, jumlah uang yang disediakan meningkat 4,65 persen dibandingkan realisasi 2023 yang tercatat senilai Rp 188,8 triliun.

"Antisipasi kenaikan jumlah uang yang disiapkan mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadhan dan Idul Fitri dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat," kata dia dalam acara Kick-off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Indulfitri (Serambi 2024), Jumat (15/3/2024).

Ia menambahkan, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan menyediakan titik-titik layanan penukaran uang rupiah di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: BI Purwokerto Siapkan Rp 3,5 Triliun untuk Penukaran Uang Baru, Ini Cara Mendapatkannya

Pada tahun ini, masyarakat juga dapat menukar uang dengan paket yang lebih besar senilai Rp 4 juta. Adapun, tahun lalu besaran paket penukaran adalah Rp 3,8 juta.

"Terhitung mulai 15 Maret sampai dengan 7 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang rupiah di 4.264 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia dengan lokasi sebagaimana terlampir," imbuh dia.

Marlinson menjelaskan, BI menyediakan opsi layanan penukaran uang rupiah melalui layanan kas keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional dan modern, dan kas keliling susur sungai di beberapa wilayah.

Baca juga: Tukar Uang Baru Lebaran 2023 di Kas Keliling BI, Simak Syaratnya...

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BI bersama perbankan akan menyediakan Layanan Penukaran Terpadu pada 28 sampai dengan 31 Maret 2024 di Istora Senayan.

Di daerah lain, hal serupa akan diselenggarakan antara lain di stadion dan alun-alun kota.

Sementara itu, mulai tanggal 2 sampai dengan 5 April 2024 Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di rest area jalan tol dan hub transportasi seperti pelabuhan dan stasiun kereta.

"Kami juga menukarkan di titik arus muk di jalan tol ruas Jawa, Lampung, Sumatra, dan Medan. Khusus di Jawa, nanti akan ada kami buka di KM 57 mulai 2-5 April," ungkap dia.

Baca juga: BI Checking Jadi Syarat Rekrutmen Kerja, Bank Indonesia Buka Suara


Untuk layanan penukaran uang rupiah baik melalui layanan penukaran terpadu, dan BI peduli mudik, dan kas keliling kecuali kas keliling susur sungai, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR).

"Bagi masyarakat yang ingin menukar dapat membuka layanan di aplikasi PINTAR di mana dan kapan penukaran tersebut. Termasuk yang go show akan kami layani selama ketersediaan masih tersedia," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com