Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Hemat agar Dompet Tetap Aman Selama Ramadhan

Kompas.com - 24/03/2024, 16:11 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah meningkatnya kebutuhan selama bulan Ramadhan, penting bagi kita untuk tetap bijak dalam mengelola keuangan.

Meskipun ada godaan untuk membeli lebih banyak makanan dan melakukan pengeluaran tambahan, yuk tetap ingat untuk disiplin dan berpikir secara bijaksana.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, dengan merencanakan pengeluaran, menetapkan prioritas, dan memantau arus kas serta rasio utang, Anda dapat menjaga stabilitas keuangan selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Simak, Fakta di Balik 9 Mitos Keuangan Ini

OJK melalui laman resminya, Minggu, (24/3/2024) memberikan beberapa tips hemat agar dompet tetap aman dan berkah selama Ramadhan, sebagai berikut:

1. Evaluasi pengeluaran
Tinjau kembali anggaran bulanan anda untuk mengidentifikasi area di mana anda bisa mengurangi pengeluaran selama Ramadhan.

2. Perencanaan pendapatan tambahan
Buat rencana untuk pendapatan tambahan selama bulan puasa, seperti melalui usaha, untuk memperkuat arus kas Anda.

3. Utamakan menyelesaikan kewajiban
Pastikan untuk membayar tagihan dan utang tepat waktu dan tepat jumlah untuk mencegah akumulasi bunga dan denda yang tidak perlu.

4. Buat rencana keuangan
Susun rencana keuangan yang jelas dengan tujuan yang terukur untuk membantu Anda mengendalikan pengeluaran dan mengelola utang dengan lebih baik.

5. Manfaatkan tabungan
Amalkan uang yang sudah Anda tabung dan kelola untuk aktivitas produktif dan bermanfaat, baik bagi diri Anda sendiri maupun orang lain.

6. Disiplin dan konsisten
Patuhi rencana keuangan anda dengan ketat dan lakukan evaluasi rutin untuk melacak kemajuan menuju tujuan keuangan Anda.

Adapun uang yang telah dikelola dengan bijak dapat digunakan untuk berbagai tujuan yang mendukung ibadah misalnya untuk memenuhi kewajiban zakat dan memberikan infak kepada yang membutuhkan.

Selain zakat dan infak, memberikan sedekah juga merupakan amalan yang baik selama bulan suci ini.

Dengan memanfaatkan uang dengan cara yang bermanfaat dan produktif selama bulan Ramadhan, anda dapat memperoleh keberkahan.

Jadi, yuk manfaatkan pengelolaan keuangan yang bijak untuk memberikan dampak positif yang lebih besar pada diri sendiri dan masyarakat sekitar selama bulan suci ini.

Baca juga: 5 Langkah Keuangan Penting untuk Masa Pensiun yang Aman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com