Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang KRL Diramal Tembus 16,4 Juta pada Libur Lebaran 2024

Kompas.com - 05/04/2024, 19:18 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memproyeksikan, penumpang Commuter Line Jabodetabek pada masa angkutan Lebaran 2024 akan mencapai 16,4 juta orang. Angka tersebut tumbuh 4 persen secara tahunan dibandingkan periode Lebaran 2023 sebanyak 15,7 juta orang.

Adapun puncak pengguna KRL pada masa libur Lebaran diprediksi akan terjadi pada 14 April sebanyak 791.246 orang.

Sebagai catatan, masa posko Angkutan Lebaran 2024 dimulai pada 5 April dan akan berakhir pada 16 April 2024.

Baca juga: Libur Panjang Paskah, 1,62 Juta Orang Naik KRL Jabodetabek

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi commuter line pada masa angkutan lebaran adalah penumpang musiman atau mereka yang baru pertama naik commuter line.

Biasanya pengguna waktu Lebaran akan bersilaturahmi ke sanak saudara dan berkunjung ke tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang berada dekat dengan stasiun-stasiun Commuter Line Jabodetabek.

Selain itu, terjadi pergeseran jam kepadatan commuter line. Semula, commuter line biasanya ramai pada waktu jam masuk dan pulang kerja.

Baca juga: KRL Jabodetabek Catat 3,8 Juta Penumpang Selama Libur Awal Puasa

 

Namun begitu ketika Lebaran, jam padat akan bergeser jadi lebih siang atau pukul 08.00 sampai siang dan sore hari baru mulai sepi pukul 21.00 WIB.

"Dari sini kami akan melakukan rekayasa pola operasi sehingga kami menyosialisasikan perubahan jadwal karena headway juga sudah diperhitungkan tim operasi kami, sehingga mungkin ada pergeseran," kata dia dalam konferensi pers, Jumat (5/4/2024).

Ia menambahkan, salah satu stasiun yang akan ramai ketika masa Lebaran adalah Pasar Minggu karena berdekatan dengan Kebun Binatang Ragunan dan Tanjung Barat.

Baca juga: Aturan Lengkap Berbuka Puasa di KRL, LRT, MRT, dan Transjakarta

Selain itu, Anne memprediksi 5 stasiun yang akan dipadati oleh pengguna antara lain Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakartakota, Stasiun Citayam dan Stasiun Bekasi.

Selama Angkutan Lebaran ini, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter line Jabodetabek sebanyak 1.061 perjalanan per hari untuk seluruh lintas Jabodetabek guna melayani pengguna yang akan beraktivitas selama musim libur Lebaran.

Dari sisi pelayanan, keamanan dan keselamatan untuk Wilayah Jabodetabek KAI Commuter akan menyiagakan 4.500 orang lebih petugas yang terdiri dari petugas keamanan 3.603 orang (Pegawai Keselamatan & Keamanan, PAM Stasiun, PAM WALKA, BKO Marinir) ditambah 24 personil dari Kepolisian Metrojaya, Lebak dan Bogor.

Baca juga: Kemenhub Kaji Kenaikan Tarif KRL, Pengamat Berikan 5 Catatan

Selain itu terdapat pula passenger service, petugas cleaning service di stasiun dan kereta serta akan dibantu juga petugas posko pegawai KAI Commuter.

Secara umum, Anne menjelaskan tidak perubahan jam operasional ketika masa angkutan lebaran ini.

"KRL di Jakarta tidak ada penambahan perjalanan, frekuensinya dipertahankan, karena masih ada juga rekan-rekan yang meskipun hari Lebaran masih kerja, ini kami upayakan," tandas dia.

Baca juga: Menimbang Kenaikan Tarif KRL Jabodetabek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com