Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosedur Saat Alami Kondisi Darurat di Jalur "Contraflow"

Kompas.com - 11/04/2024, 14:45 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bersama Kepolisian menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan yang terjadi saat arus mudik maupun arus balik selama periode libur Lebaran. Salah satunya, contraflow.

Contraflow adalah rekayasa lalu lintas dengan membuat jalur yang biasanya satu arah menjadi dua arah. Penerapan contraflow pun dilakukan di jalan tol.

Namun contraflow mendapat sorotan karena terjadi kecelakaan maut yang melbatkan bus Primajasa dengan minibus Gran Max dan Terios di KM 58+600 arah Jakarta ruas Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4/2024).

Baca juga: Jasa Marga Perpanjang Contraflow dari Km 47 hingga Km 65 Tol Japek

Kecelakaan bermula saat mobil Gran Max yang berada di lajur contraflow diduga mengalami masalah sehingga melintasi lajur lawan arah. Kondisi itu membuat terjadi tabrakan dengan bus Primajasa dan mobil Terios.

Belajar dari indisen tersebut, maka apa yang perlu diantisipasi jika sudah masuk ke jalur contraflow?

Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Yoga Trianggoro membagikan sejumlah kiat agar berkendara dengan selamat selama melewati jalur contraflow.

Baca juga: Simak Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Pemudik ketika Melewati Jalur Contraflow

Hal utama yang perlu diperhatikan bagi pengguna jalan yang berada di jalur contraflow adalah memastikan kondisi kendaraan dan pengendaranya dalam kondisi prima.

Jika sedang mengantuk atau kelelahan, maka diminta untuk tidak masuk ke jalur contraflow dan segera ke rest area untuk beristirahat. Selain itu, jika sudah masuk contraflow agar tetap pada lajurnya, tidak berkendara terlalu kiri maupun terlalu kanan.

"Kami imbau pengguna jalan agar disiplin dalam berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan, mematuhi batas kecepatan yang dipersyaratkan dan tidak mendahului kendaraan lain mengingat terbatasnya lajur yang dibuka untuk contraflow," ujar Yoga dalam keterangannya, Kamis (11/4/2024).

Baca juga: Ada Kecelakaan di Tol Cikampek, Menhub Pastikan Contraflow Dilanjutkan

Kondisi Darurat

Namun, apabila pengguna jalan yang sudah masuk jalur contraflow tiba-tiba mengalami kondisi darurat, hal yang wajib dilakukan adalah menepi di bahu dalam (lajur paling kiri di lajur contraflow), serta menyalakan lampu hazard.

Dalam kondisi darurat tersebut, pengguna jalan juga diminta agar segera menghubungi One Call Center Jasa Marga 14080 untuk mendapatkan bantuan dari petugas.

Yoga menambahkan, sebagai operator jalan tol, pihaknya mendukung penerapan rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian yang bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas pada ruas jalan nasional maupun jalan tol.

Baca juga: Kemenhub: Contra Flow Akan Diberlakukan di Tol Cipali Siang Ini

Jasa Marga menempatkan petugas pengatur lalu lintas dan juga perambuan yang dibutuhkan dalam penerapan rekayasa lalu lintas. Meski begitu, kesiapan itu perlu didukung keterlibatan pengguna jalan untuk mematuhi ketentuan yang berlaku.

"Kami juga mohon bantuan dan kerja sama para pengguna jalan untuk berkendara dengan aman dan selamat selama berada di lajur dan jalur rekayasa lalu lintas," kata Yoga.

Pada periode libur Lebaran ini, Jasa Marga juga mengimbau masyarakat yang masih akan melakukan perjalanan melalui jalan tol untuk memastikan kesiapan perjalanan.

Baca juga: Kiat Berkendara Lancar, Aman, Nyaman dan Selamat di Lajur Contraflow

Seperti memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM) dan saldo uang elektronik.

Kemudian hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik, serta hindari perjalanan di waktu favorit yaitu pada pagi dan malam hari. Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan, serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol.

"Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan yang lain," pungkasnya.

Baca juga: Arus Balik, Jasa Marga Terapkan Buka Tutup Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com