Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik, Waktu Istirahat di "Rest Area" Maksimal 30 Menit

Kompas.com - 15/04/2024, 15:42 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengingatkan para pengguna jalan tol yang singgah ke rest area untuk memanfaatkan waktu dengan bijak. Pengguna diminta untuk beristirahat maksimal 30 menit di rest area.

Imbauan itu seiring dengan saat ini dalam kondisi arus balik Lebaran 2024, di mana sejumlah rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang ke arah Jakarta terpantau padat.

"Mohon kerja sama pengguna jalan untuk tidak berlama-lama di rest area dan memanfaatkan waktu maksimal 30 menit," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Related Business (JMRB) Denny Abdurachman dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

Baca juga: Tarif Tol Trans Sumatera Didiskon 20 Persen Saat Arus Balik

Ia menuturkan, saat ini rest area yang terpantau padat pada arus balik adalah Rest Area KM 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Sebab, melayani pengguna jalan dari arah Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang sekaligus.

Selain itu, Rest Area KM 97B Jalan Tol Cipularang arah Jakarta juga terpantau padat.

Denny menjelaskan, pembatasan waktu 30 menit dilakukan agar bisa bergantian dengan pengguna jalan lainnya. Ia juga imbau pengguna jalan untuk membawa perbekalan maupun dapat melakukan take away makanan di rest area.

Baca juga: Puncak Arus Balik Lebaran, InJourney Prediksi Pergerakan Penumpang Capai 611.882

Adapun untuk dapat mengoptimalkan kapasitas parkir dan flow kendaraan, Jasa Marga juga mengerahkan petugas dan mengatur perambuan keluar masuk rest area.

Selain itu, dilakukan penambahan sejumlah fasilitas, di antaranya menambah hingga 599 bilik toilet fungsional di rest area yang dikelola Jasa Marga, sehingga dapat lebih digunakan optimal oleh masyarakat.

"Jasa Marga juga mengubah fungsi toilet permanen pria menjadi toilet wanita dan pengunjung pria dapat menggunakan toilet fungsional. Hal ini karena wanita cenderung menghabiskan waktu yang lebih lama di toilet," ungkap Denny.

Baca juga: PLN Pastikan Listrik di Stasiun dan Terminal Aman Kawal Arus Balik

Ia juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengikuti arahan dan petugas di lapangan apabila diberlakukan buka tutup rest area.

"Jika rest area terpantau padat, maka kami imbau untuk tidak memaksakan masuk dan dapat melanjutkan perjalanan untuk menggunakan rest area berikutnya," kata dia.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol dari arah Bandung dapat mengoptimalkan penggunaan rest area seperti di ruas Tol Padaleunyi yakni KM 149B dan KM 125B, serta ruas Tol Cipularang yakni KM 97B, KM 88B dan KM 72B.

Baca juga: Pelni Layani Arus Balik Gratis Khusus Sepeda Motor Semarang-Jakarta Sore Ini

Sedangkan pengguna jalan di Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta dapat mengoptimalkan penggunaan rest area KM 62B, KM 42B, KM 19B dan KM 6B.

Sementara itu untuk rest area KM 52B diberlakukan penutupan secara situasional sejak tanggal 12 April 2024 pukul 15.00 WIB sampai dengan 16 April 2024 pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Arus Balik Lebaran, KAI Commuter Catat Kenaikan Penumpang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com