Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Bandara Tersibuk di Dunia Sepanjang Tahun 2023

Kompas.com - 16/04/2024, 15:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan internasional kembali meningkat kembali sepanjang tahun 2023. Kondisi ini mendorong sejumlah bandara di dunia mengalami peningkatan peringkat dalam hal lalu lintas penumpang.

Dikutip dari CNBC, Selasa (16/4/2024), Airports Council International (ACI) merilis daftar bandara tersibuk di dunia sepanjang tahun 2023.

Bandara Internasional Hartsfield-Jackson di Atlanta, AS menempati peringkat pertama. Sementara itu, Bandara Internasional Dubai menduduki peringkat kedua bandara tersibuk di dunia.

Baca juga: Puncak Arus Balik, 330.000 Orang Bakal Padati 20 Bandara AP II

Bandara Internasional Haneda di Jepang.UNSPLASH/MOS DESIGN Bandara Internasional Haneda di Jepang.

Adapun lalu lintas penumpang ke Bandara Internasional Haneda Tokyo, Jepang melonjak 55 persen pada tahun lalu dibandingkan tahun 2022, dan bandara ini menduduki peringkat kelima, naik dari peringkat 16 pada tahun sebelumnya.

Bandara di seluruh dunia melayani 8,5 miliar penumpang tahun lalu, naik 27 persen dari tahun 2022. Akan tetapi, angka tersebut masih sekitar 6 persen di bawah jumlah sebelum pandemi Covid-19, kata ACI.

Kebangkitan perjalanan internasional telah menjadi titik terang bagi maskapai penerbangan dengan jaringan internasional yang besar.

Sementara itu, maskapai penerbangan berbiaya rendah dan berfokus pada domestik di AS mengalami kesulitan dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Bandara Angkasa Pura I dan II Bakal Digabung Jadi Satu Operator

Bandara-bandara domestik di AS terus mencatat peningkatan besar dalam jumlah penumpang, namun beberapa bandara mengalami penurunan peringkat dibandingkan saat pandemi, ketika pembatasan perjalanan internasional membatasi perjalanan jarak jauh ke luar negeri.

Berikut 10 bandara tersibuk di dunia sepanjang tahun 2023 menurut data ACI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com