Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pemudik Diproyeksi Naik 12 Persen, AP II Siapkan Rencana Operasi di 20 Bandara

Kompas.com - 20/03/2024, 18:11 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) memperkirakan akan melayani sekitar 4,36 juta penumpang pada periode mudik Lebaran 2024. Angka ini meningkat 12 persen dibandingkan realisasi pada Lebaran 2023 yang sebanyak 3,89 juta penumpang.

Sementara khusus di Bandara Soekarno-Hatta, pergerakan penumpang pada angkutan lebaran 2024 diperkirakan mencapai 2,58 juta orang atau naik 7 persen dibandingkan 2023.

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rencana operasi di 20 bandara untuk melayani perjalanan pemudik selama periode mudik Lebaran 2024 yang akan berlangsung 3-18 April 2024.

Baca juga: Ramai Aturan Baru soal Pembatasan Barang Bawaan Penumpang: Gampang Kok

Adapun 20 bandara yang dikelola AP II, yaitu Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Halim Perdanakusuma Jakarta, Kualanamu Medan, Supadio Pontianak, Minangkabau Padang, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Husein Sastranegara Bandung.

Selanjutnya, Bandara Sultan Iskandarmuda Banda Aceh, Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Sultan Thaha Jambi, Depati Amir Pangkalpinang, Silangit Tapanuli Utara, Kertajati Majalengka, Banyuwangi, Tjilik Riwut Palangka Raya, Radin Inten II Lampung, H.A.S Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Fatmawati Soekarno Bengkulu, dan Jenderal Besar Soedirman Purbalingga.

"Bandara-bandara AP II telah memiliki rencana operasi dalam menyambut angkutan lebaran 2024. Aspek keamanan, kelancaran, keselamatan dan pelayanan menjadi prioritas kami," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (19/3/2024).

Salah satu rencana operasi yang dilakukan AP II ialah penyesuaian jam operasi di sejumlah bandara. Hal ini untuk mengakomodir meningkatnya permintaan penerbangan.

"Kami akan berkoordinasi dengan maskapai dan regulator terkait penambahan jam operasi ini," kata dia.

Di samping itu, AP II juga menetapkan standar waktu layanan pada passenger touchpoint atau titik interaksi penumpang di bandara. Misalnya, pada titik security check point (SCP) untuk pemeriksaan barang bawaan dan SCP untuk pemeriksaan penumpang, ditetapkan waktu tunggu kurang dari 7 menit dan waktu proses kurang dari 3 menit.

Dia mengungkapkan, pada angkutan lebaran 2024, seluruh bandara AP II menyiagakan 9.416 orang personel terdiri dari personel Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), Apron Movement Control (AMC), aviation security, BKO TNI dan Polri, facility care, customer service, hingga digital service.

Baca juga: Mulai 1 April 2024 Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta Jadi Terminal Khusus Umrah

Sementara itu seluruh fasilitas pun dipastikan siap, seperti fasilitas sisi udara antara lain runway, garbarata, visual docking guidance system (VDGS), hingga fasilitas Airprot Rescue and Fire Fighting (ARFF) yaitu armada kendaraan utama dan kendaraan pendukung untuk keadaan darurat.

Dia menuturkan, bandara-bandara AP II juga telah melakukan uji stres atau stress test terhadap fasilitas-fasilitas yang ada, serta inspeksi keselamatan (ramp check) di terminal penumpang maupun sisi udara.

"Di seluruh terminal penumpang pesawat di bandara juga dioperasikan Terminal Operation Center (TOC) sebagai pusat pengendali terminal. Khusus di Bandara Soekarno-Hatta disiapkan Airport Operation Control Center (AOCC) yang dilengkapi peralatan modern sebagai wadah kolaborasi seluruh stakeholder di bandara," tuturnya.

Bandara Soekarno-Hatta juga dilengkapi Land Transport Control Center (LTCC) sebagai pusat pengendali layanan transportasi darat, dan juga Airport Infrastructure Control Center (AICC) guna memonitor infrastruktur vital.

Baca juga: Punya Infrastruktur hingga SDM Mumpuni, 3 Bandara Angkasa Pura II Raih Penghargaan Global ACI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com