Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Negara Paling Bahagia di Asia, Ada Indonesia?

Kompas.com - 20/03/2024, 14:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Singapura menjadi negara paling bahagia di Asia selama dua tahun berturut-turut, menurut 2024 World Happiness Report yang dirilis hari ini, Rabu (20/3/2024).

Dikutip dari CNBC, Singapura berada di peringkat 30 dari 143 negara yang disurvei untuk laporan ini. Daftar teratas negara paling bahagia di dunia tahun adalah Finlandia, diikuti oleh Denmark dan Islandia.

World Happiness Report merupakan upaya bersama dari beberapa peneliti dan ilmuwan kesejahteraan terkemuka di dunia.

Baca juga: Daftar 10 Negara Paling Tidak Bahagia di Dunia, Ada Indonesia?

Ilustrasi Singapura. UNSPLASH/JISUN HAN Ilustrasi Singapura.

Peringkat kebahagiaan dalam penelitian ini didukung oleh data dari Gallup World Poll yang mengukur evaluasi kehidupan rata-rata individu, yang diambil selama tiga tahun dari tahun 2021 hingga 2023.

Para ahli juga menganalisis data enam faktor utama: PDB per kapita, harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kemurahan hati, dan persepsi korupsi.

Penelitian mereka terhadap bidang-bidang ini memberikan wawasan yang lebih dalam dan penjelasan potensial mengenai penilaian subjektif kualitas hidup yang diberikan orang.

“Faktor-faktor ini membantu menjelaskan perbedaan antar negara, sementara pemeringkatan itu sendiri hanya didasarkan pada jawaban yang diberikan orang ketika diminta untuk menilai kehidupan mereka,” menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh World Happiness Report.

Baca juga: Daftar 15 Perusahaan dengan Gaji yang Bikin Karyawan Bahagia

Data yang dikumpulkan untuk enam faktor tersebut berasal dari organisasi seperti Bank Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia, dan Gallup World Poll.

“Singapura memiliki kinerja yang sangat baik dalam hal PDB per kapita, salah satu peringkat tertinggi dalam kumpulan data kami,” ujar Shun Wang, salah satu penulis dan editor World Happiness Report.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com