Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Mata Uang Brunei Darussalam dan Nilai Tukarnya ke Rupiah?

Kompas.com - 19/04/2024, 06:18 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Mata uang Brunei Darussalam adalah dolar. Seringkali, mata uang ini juga disebut dengan ringgit Brunai untuk membedakannya dengan milik Malaysia.

Kode internasional mata uang Brunei adalah BND yang merupakan singkatan dari Brunei Darussalam dolar, sementara simbolnya yakni B$.

B$ terdiri dari 100 sen dengan kode ¢. Bila dikonversikan ke rupiah dengan nilai tukar saat ini, B$ 1 setara dengan sekitar Rp 11.900. Sementara bila dikonversikan ke dolar AS, B$ sama dengan 0,72 dolar AS.

Mengenal mata uang Brunei

Mengutip laman resmi Bank Sentral Brunei atau Brunei Darussalam Central Bank (BDCB), sebelum menggunakan BND, mata uang negara Brunei Darussalam adalah dolar Malaya.

Baca juga: Apa Mata Uang yang Digunakan Warga Palestina?

Hal ini wajar mengingat Brunei bersama dengan Malaysia, merupakan bagian dari koloni Inggris. Di bawah pendudukan Britania, dolar Malaya dipakai di seluruh Semenanjung Malaysia, Sabah, Serawak, Brunei, dan Singapura.

Pada 1967, Inggris menyerahkan peredaran mata uang kepada masing-masing koloninya di Asia Tenggara itu. Malaysia menerbitkan mata uangnya sendiri yaitu dolar Malaysia (MYR) yang belakangan diganti dengan ringgit Malaysia.

Singapura pun mencetak mata uangnya sendiri yakni dolar Singapura (SGD). Sementara Brunei, kemudian membentuk Dewan Mata Uang (BCB), cikal bakal BDCB, yang kemudian menerbitkan dolar Brunei yang dikenal sampai saat ini.

Saat itu, denominasi mata uang negara Brunei Darussalam adalah BND 1, BND 5, BND 10, BND 50, dan BND 100). Lalu untuk koin sen dicetak dalam lima pecahan antara lain 1¢, 5¢, 10¢, 20¢, dan 50¢.

Baca juga: Mengenal Mata Uang Mesir dan Nilai Tukarnya ke Rupiah

Baik uang kertas maupun koin dicetak dengan potret Sultan Brunei Darussalam ke-28, Al-Marhum Sultan Haji Omar Ali Saifuddien Sa'adul Khairi Waddien ibni Sultan Muhammad Jamalul Alam II.

Untuk uang kertas yang dicetak tahun 1967, gambar di bagian belakang mata uang Brunei adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin yang merupakan ikon negara tersebut.

Dalam uang koinnya, bagian belakang berupa gambar simbol-simbol identitas negara seperti bunga, pohon, dan lambang kesultanan.

Masih pada tahun 1967, Brunei menandatangani perjanjian dengan Malaysia dan Singapura yang memungkinkan mata uang Brunei nilai tukarnya setara dengan kedua tetangganya.

Perjanjian tersebut juga mencakup mata uang Malaysia (MYR) dan Singapura (SGD) bisa dipakai sebagai alat pembayaran di wilayah Brunei. Apa mata uang Brunei Darussalam setelah merdeka dari Inggris?

Baca juga: Mata Uang Belanda Sekarang dan Sebelumnya

Brunei Darussalam mendapatkan kemerdekaan secara penuh dari Inggris pada tahun 1984. Negara ini memutuskan mencetak mata uang sendiri bernama dolar Brunei.

Uang kertas pertama pasca-kemerdekaan diedarkan pada tahun 1989 yang terbagi dalam 8 denominasi. Nilai mata uang Brunei tertinggi dengan denominasi BND 10.000.

Mata uang Brunei Darusalam dengan denominasi B$ 1.Situs resmi Brunei Darussalam Central Bank (BDCB). Mata uang Brunei Darusalam dengan denominasi B$ 1.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com