Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian, Syarat, Bunga, dan Angsuran

Kompas.com - 19/04/2024, 12:48 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Gadai BPKB motor di Pegadaian adalah salah satu alternatif mendapatkan dana segar untuk kebutuhan modal usaha maupun yang sifatnya konsumtif.

Syarat gadai BPKB motor di Pegadaian yang cukup mudah menjadi alasan layanan ini cukup banyak digemari masyarakat di Tanah Air. Cukup datang ke kantor cabang terdekat dan membawa syarat dokumen yang diperlukan, Anda bisa mendapatkan dana di hari yang sama.

Nah BPKB motor sendiri memang jadi salah satu agunan atau jaminan yang paling sering digunakan ketika orang melakukan pengajuan pinjaman ke Pegadaian. Ini karena BPKB adalah bukti kepemilikan dari kendaraan bermotor.

Sebagaimana yang berlaku di perbankan, surat kepemilikan kendaraan adalah bentuk agunan yang cukup efektif mencegah kredit macet. Hal yang sama juga berlaku untuk BPKB mobil.

Baca juga: Perbedaan Pegadaian Syariah dan Konvensional

Cara gadai BPKB motor di Pegadaian

Dikutip dari laman Sahabat Pegadaian, prosedur gadai BPKB motor di Pegadaian yakni nasabah hanya perlu mempersiapkan dokumen berikut:

  1. KTP asli dan fotocopy
  2. Kartu keluarga (KK) dan fotocopy
  3. Surat keterangan domisi (jika ada)
  4. Izin usaha, izin praktik, dan sebagainya (jika ada)
  5. STNK asli dan fotocopy
  6. BPKB asli dan fotocopy

Setelah dokumen persyaratan gadai BPKB motor di Pegadaian siap, calon nasabah hanya perlu mendatangi kantor cabang terdekat.

Temui petugas bagian pengajuan pinjaman, biasanya Anda akan diarahkan oleh sekuriti di pintu masuk untuk mengisi form pengajuan lebih lalu, lalu kemudian diminta menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan.

Baca juga: Berapa Bunga Pegadaian Syariah Terbaru?

Setelah syarat gadai BPKB motor di Pegadaian, Anda akan diminta mengantre. Sementara petugas akan melakukan verifikasi dan survey kemudian menyetujui besar pinjaman.

Jika sudah disetujui, maka nasabah akan mendapatkan uang pinjaman. Di mana pencairan akan dilakukan di hari yang sama, nasabah bisa memilih pencairan pinjaman ditransfer ke rekening bank atau diambil secara tunai.

Bunga gadai BPKB motor di Pegadaian

Untuk diketahui saja, besaran pinjaman tergantung dari taksiran nilai kendaraan yang bergantung pada jenis kendaraan, kubikasi, tahun pembuatan, dan sebagainya.

Sementara untuk bunga gadai BPKB motor di Pegadaian, tentu disesuaikan dengan jumlah plafon pinjaman dan jangka waktu jatuh tempo.

Baca juga: Mengenal Pegadaian Syariah dan Bedanya dengan Konvensional

Berikut ini gambaran bunga gadai BPKB motor di Pegadaian:

  • Besar pinjaman Rp 1 juta hingga Rp 10 juta dikenakan sewa modal 1,5 persen per bulan.
  • Besar pinjaman Rp 10,1 juta hingga Rp 50 juta dikenakan sewa modal 1,25 persen per bulan.
  • Besar pinjaman Rp 50,1 juta hingga Rp 100 juta dikenakan sewa modal 1,15 persen per bulan.

Jangka waktu pinjaman gadai BPKB Pegadaian bersifat fleksibel antara 12 sampai 36 bulan dengan angsuran tetap setiap bulan.

Sementara untuk pelunasan pinjaman gadai BPKB motor di Pegadaian dapat dilakukan setiap saat, artinya pelunasan bisa saja dilakukan sebelum jatuh tempo.

Pelunasan pinjaman gadai BPKB motor di Pegadaian bisa dilakukan dengan membayar langsung di kantor Pegadaian atau juga bisa dilakukan dengan online di aplikasi Pegadaian Digital.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Produk Pegadaian Syariah

Yang mana apabila pelunasan dilakukan melalui aplikasi, pembayaran pelunasan bisa dilakukan lewat transfer rekening virtual di bank, minimarket, dan metode pembayaran lainnya sesuai pilihan nasabah.

Bunga gadai BPKB motor di Pegadaian disesuaikan dengan jumlah pinjaman yang disepakati.Muhammad Idris/Money.kompas.com Bunga gadai BPKB motor di Pegadaian disesuaikan dengan jumlah pinjaman yang disepakati.

Simulasi cicilan

Sebagai gambaran untuk calon nasabah yang tertarik mengajukan kredit, berikut ini tabel angsuran gadai BPKB motor di Pegadaian:

Jumlah pinjaman Angsuran 12 bulan Angsuran 24 bulan
Rp 1.000.000 Rp 98.333 Rp -
Rp 3.000.000 Rp 295.000 Rp -
Rp 5.000.000 Rp 491.667 Rp -
Rp 10.000.000 Rp 983.333 Rp 566.667
Rp 20.000.000 Rp 1.916.667 Rp 1.083.333
Rp 30.000.000 Rp 2.875.000 Rp 1.625.000
Rp 50.000.000 Rp 4.791.667 Rp 2.708.333
Rp 100.000.000 Rp 9.483.333 Rp 5.316.667

Cara gadai BPKB motor di Pegadaian via online

Nah yang harus Anda paham, selain cara gadai BPKB motor di Pegadaian dengan datang langsung ke kantor cabang, pengajuan juga bisa dilakukan melalui online.

Caranya, Anda cukup mengunduh aplikasi Pegadaian Digital, lalu ajukan pinjaman melalui aplikasi yang tersedia. Berikut tahapannya:

  1. Download dan registrasi aplikasi Pegadaian Digital
  2. Pilih menu pembiayaan
  3. Pilih Pembiayaan Multiguna
  4. Input jumlah pembiayaan
  5. Pilih jangka waktu
  6. Mengisi informasi detail jaminan
  7. Konfirmasi pengajuan embiayaan
  8. Pengajuan Pembiayaan berhasil.

Syarat gadai BPKB motor di Pegadaian cukup mudah.Muhammad Idris/Money.kompas.com Syarat gadai BPKB motor di Pegadaian cukup mudah.

Baca juga: Rincian Harga Emas Hari Ini di Pegadaian 19 April 2024

Mengenal Pegadaian

Pegadaian adalah sebuah lembaga keuangan di Indonesia yang dikenal dengan layanan gadai (pegadaian).

Pegadaian menyediakan berbagai layanan keuangan, terutama pinjaman dengan jaminan, di mana nasabah dapat meminjam uang dengan memberikan barang berharga sebagai jaminan, seperti emas, perhiasan, atau barang berharga lainnya.

Selain pinjaman dengan jaminan, Pegadaian juga menyediakan berbagai layanan lainnya seperti tabungan emas, pembelian dan penjualan emas, serta layanan asuransi.

Pegadaian dikelola oleh PT Pegadaian (Persero), sebuah badan usaha milik negara yang telah beroperasi sejak tahun 1901.

Layanan gadai dari Pegadaian biasanya cukup populer di Indonesia karena memberikan solusi keuangan yang mudah diakses bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan dana tunai cepat dengan jaminan barang berharga.

Baca juga: Syarat Pengajuan Kredit Motor Listrik di Pegadaian Syariah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com