Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Jago Dukung Perempuan Manfaatkan Aplikasi Digital untuk Kelola Keuangan

Kompas.com - 28/06/2024, 14:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris PT Bank Jago Tbk Anika Faisal mengatakan, perempuan sebagai tulang punggung keluarga perlu terus mengasah kecerdasan dalam pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan teknologi digital secara bijak.

Dengan memanfaatkan teknologi secara bijak, perempuan bisa merencanakan pengelolaan keuangan dan anggaran berbasiskan skala prioritas, bukan malah menjadi konsumtif dengan pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan.

Apalagi sekarang pengelolaan keuangan dan alokasi anggaran berbasiskan skala prioritas bisa dilakukan menggunakan aplikasi digital dalam ponsel.

Baca juga: Bank Jago: Peran Nasabah Penting untuk Hindari Kebocoran Data

Ilustrasi mengatur keuangan menggunakan amplop. SHUTTERSTOCK/DEL HENDERSON JR Ilustrasi mengatur keuangan menggunakan amplop.

“Kalau zaman dulu, ibu saya kelola uang pakai amplop. Misalnya amplop buat belanja, buat jajan, buat sekolah anak, dan lain-lain. Sekarang sudah banyak teknologi digital yang memampukan kita lebih pandai kelola uang. Ada aplikasi bank yang memungkinkan nasabah membuat banyak Kantong (untuk alokasi anggaran), seperti Aplikasi Jago,” ungkap Anika dalam keterangan resmi, Jumat (28/6/2024).

Setelah bisa memenuhi semua kewajiban keuangan dan kebutuhan sehari-hari, lanjut Anika, perempuan juga perlu belajar investasi. Cara awalnya dengan mempelajari ragam produk investasi dan risikonya.

“Yang penting jangan FOMO (fear of missing out). Kalau ada produk investasi yang menawarkan return 50 persen dalam waktu singkat, sudah pasti itu bohong. Investasi harus pilih-pilih sesuai dengan kebutuhan jangka waktu dan risiko. Kalau duitnya pas-pasan, jangan investasi di produk yang berisiko tinggi,” terangnya.

Agar berinvestasi lebih mudah, Bank Jago juga memiliki kolaborasi dengan platform investasi online, yaitu Bibit dan Stockbit.

Baca juga: 3 Fenomena Ini Bikin Gen Z Sulit Mengelola Keuangan, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com