Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penduduknya Lebih dari Indonesia, Negara Ini Angka Penganggurannya Lebih Rendah?

Kompas.com - 21/03/2019, 18:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Debat Cawapres 2019 belum lama ini telah selesai diselenggarakan. Ada cukup banyak fakta menarik yang terungkap. Salah satunya adalah angka pengangguran di Indonesia yang menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Fakta tersebut disampaikan Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Dalam acara debatnya dengan Sandiaga Uno, Ma'ruf mengatakan angka pengangguran di Indonesia menurun. Ia menyebut bahwa tingkat pengangguran di Indonesia berada di angka 5,30 - 5,13 persen.

Kisaran tersebut beda-beda tipis dengan data yang diperoleh Badan Pusat Statistik atau BPS. Seperti yang dicatat BPS, angka pengangguran di Indonesia itu terakhir sekitar 5,34 persen pada Agustus 2018.

Baca juga: Maruf Sebut Angka Pengangguran Era Jokowi Terendah dalam 20 Tahun

Berbicara angka pengangguran di Indonesia yang menurun, bagaimana dengan negara-negara lain yang jumlah penduduknya lebih banyak atau sama banyak dengan Indonesia? Apakah lebih rendah angkanya atau justru lebih tinggi?

Buat menjawab pertanyaan tersebut, Moneysmart mencoba memberi jawabannya ini berdasarkan data dari Trading Economics dan Worldbank. Seperti apa jawabannya? Yuk disimak.

1. China

Bicara negara mana yang banyak penduduknya, China menjadi negara yang berada di peringkat satu. Negara ini diketahui memiliki penduduk sebanyak 1.386.395.000 jiwa pada 2017. Jelas angka populasi tersebut lebih besar dari Indonesia yang mencapai 263.991.380 jiwa.

Bagaimana dengan angka pengangguran di sana? Seperti yang diungkap Trading Economics, pengangguran di China berada di angka 3,80 persen.

Sekalipun penduduknya banyak sekali, rupanya China punya tingkat pengangguran yang lebih kecil ketimbang Indonesia.

Wajar saja kalau China bisa menekan angka pengangguran. Sebab, perekonomian negara ini terbilang bagus. Sayangnya, ekonomi China yang biasanya dobel digit cenderung alami penurunan belakangan ini sebagai akibat dari perang dagang.

2. India

Di peringkat dua ada India sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Jumlah penduduk negara dengan biaya hidup murah ini mencapai 1.339.180.130.000.000 jiwa pada 2017.

Namun, dibandingkan dengan China, angka pengangguran di India lebih besar, yaitu 6,10 persen. Kalau dibandingkan dengan Indonesia, angka tersebut bisa dimaklumi, mengingat jumlah penduduk India yang lebih besar.

Bicara ekonomi, India mencetak pertumbuhan ekonomi rata-rata lebih dari 5 persen tiap tahun. Walaupun melambat, pertumbuhan ekonomi India masih berada di atas China sejauh ini.

3. Amerika Serikat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com