Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Harapan BI ke Mari Pangestu yang Diangkat Menjadi Direktur Bank Dunia

Kompas.com - 10/01/2020, 14:53 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo memberikan ucapan selamat kepada Mari Pangestu yang akan menjabat sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia.

Dia menilai Mari Pangestu sebagai sosok yang bakal membawa angin segara terhadap negara berkembang, salah satunya Indonesia.

"Selamat kepada Ibu Mari Pangestu, yang dipilih menjadi managing director di World Bank. Saya kenal betul dengan Ibu Mari dan atas nama pribadi maupun Bank Indonesia saya ucapkan selamat. Insha Allah ini akan membawa kebaikan, tidak hanya kepada Bank Indonesia tapi juga bagi emerging market," ucapnya ketika ditemui di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Perry memastikan, di tangan Mari, Indonesia akan tertangani dengan baik. Apalagi, tugasnya nanti berkaitan dengan kebijakan-kebijakan suatu negara.

"Beliau juga akan menangani development policy pembangunan yang akan baik untuk emerging market, termasuk Indonesia," katanya.

Baca juga: Sebelum Mari Elka, Ini Jejak Sri Mulyani Jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia...

Presiden Bank Dunia, Kamis (9/1/2020), mengumumkan penunjukan Mari Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia.

Dikutip dari keterangan di laman resminya, Bank Dunia menilai Mari memiliki keahlian di bidang manajemen dan kebijakan yang luar biasa dengan pengalamannya selama menjadi Menteri Perdagangan (2004-2011).

Mari juga merupakan Menteri Pariwisata pada 2011 hingga Oktober 2014 atau pada era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mari akan mulai aktif berkantor di Washington pada 3 Maret 2020.

"Kami sangat senang untuk menyambut Mari dengan peran barunya yang sangat penting bagi institusi ini," ujar Presiden Bank Dunia David Malpass, Jumat (10/1/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com