Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Layani Penerbangan

Kompas.com - 21/03/2021, 20:25 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menyampikan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma kembali melayani penerbangan mulai Senin (22/3/2021).

Hal itu setelah pesawat kargo Trigana Air nomor registrasi PK-YSF yang sempat keluar landasan di Bandara Halim Perdanakusuma sudah berhasil dievakuasi ke hanggar.

“Pesawat kargo Trigana Air yang keluar landasan sudah dipindahkan seluruhnya, dan saat ini tengah dilakukan pembersihan FOD di runway," ujar VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano dalam siaran pers, Minggu (21/3/2021).

"Besok, Senin 22 Maret 2021, Bandara Halim Perdanakusuma sudah dibuka kembali untuk penerbangan niaga berjadwal,” sambungnya.

Baca juga: Buntut Trigana Air Tergelincir, Penerbangan Hari Ini Dialihkan ke Soetta


Proses evakuasi atau pemindahan pesawat telah tuntas dilakukan pada sekitar pukul 15.45 WIB. Selanjutnya petugas melakukan pembersihan runway dari serpihan benda asing (Foreing Object Debris/FOD).

Yado mengatakan, proses pemindahan pesawat dilakukan oleh tim Rescue and Fire Fighting Services (RFFS) Bandara Halim Perdanakusuma, tim RFFS Bandara Soekarno-Hatta, serta didukung oleh Tim Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.

Seperti diketahui, pesawat kargo Trigana Air melakukan pendaratan darurat pada Sabtu, 20 Maret 2021 di Bandara Halim Perdanakusuma.

Namun, pesawat kargo Trigana Air tersebut keluar landasan saat melakukan pendaratan darurat tersebut.

Akibatnya seluruh penerbangan niaga berjadwal, baik keberangkatan dan kedatangan di Bandara Halim Perdanakusuma, dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu dan Minggu, 21 Maret 2021.

Total, penerbangan yang dialihkan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 49 penerbangan terdiri dari 22 keberangkatan dan 27 kedatangan.

Baca juga: Setelah Take Off, Pesawat Trigana Air Sempat Alami Kendala Teknis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com