Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Mitra GrabFood Bisa Saling Berbagi Keahlian dalam Komunitas

Kompas.com - 27/05/2021, 16:16 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam menghadapi tantangan dan perubahan kebiasaan baru masyarakat saat ini, para pelaku industri kuliner masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah minimnya kemampuan dalam mengelola bisnis.

Menjawab tantangan tersebut, GrabFood memberikan dukungan untuk membantu melayani lebih banyak konsumen, dan mendorong usaha kuliner bertumbuh melalui program Duta PERWIRA (Perkumpulan Wirausaha) GrabFood dan Program Apresiasi Mitra.

Head of Marketing, GrabFood, Grab Indonesia Hadi Surya Koe mengungkapkan, inisiatif ini berfokus untuk meningkatkan kapabilitas mitra merchant sehingga mereka saling berbagi keahlian mereka dalam komunitas.

Baca juga: Ada Lowongan Kerja di BPJS Kesehatan, Cek Posisi dan Syaratnya

Adapun skema yang ditawarkan Duta PERWIRA GrabFood yakni dengan menunjuk sejumlah pemimpin mitra merchant untuk saling berbagi, belajar, dan menginspirasi satu sama lain. Program ini telah dimulai di 4 kota, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan.

“Duta PERWIRA GrabFood dipilih berdasarkan kinerja bisnis, performa bisnis, visibilitas online, serta kemampuan komunikasi mereka,” ujar Hadi secara virtual, Kamis (27/5/2021).

Hadi mengungkapkan, program Duta PERWIRA GrabFood nantinya akan fokus membangun komunitas mitra merchant yang kuat dan membangun rasa kekeluargaan antara para mitra merchant yang telah bersama-sama melalui tantangan di tengah pandemi.

“Program ini juga mengajak para mitra merchant untuk meningkatkan kemampuan bisnis mereka serta membangun reputasi sebagai pelaku bisnis kuliner,” kata dia.

Sebagai Duta PERWIRA GrabFood, mitra merchant akan dilibatkan dalam sejumlah kegiatan, termasuk pelatihan bisnis yang diadakan setiap bulan oleh tim GrabFood. Materi yang dibawakan termasuk public speaking, pemasaran melalui media sosial, digital marketing, serta pelayanan konsumen.

“Duta GrabFood nantinya akan membagikan kisah sukses dan tips bisnis mereka melalui webinar dan forum online para mitra merchant,” ucap dia.

Baca juga: Ini Tuntutan Buruh dalam Aksi Boikot Indomaret Hari Ini

Para Duta PERWIRA juga nantinya akan menyampaikan aspirasi dari mitra merchant lainnya dengan berpartisipasi dalam diskusi bisnis GrabFood setiap 3 bulan. Diskusi ini membantu GrabFood mengumpulkan informasi yang kemudian dapat diolah menjadi program dan inovasi bagi mitra merchant GrabFood.

Hadi menjelaskan, nantinya mitra merchant GrabFood dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai program ini dengan bergabung di group Facebook “PERWIRA GRABFOOD”.

GrabFood juga memiki program Apresiasi Mitra. Para mitra merchant GrabFood dapat mendaftar ke Program Apresiasi Mitra, untuk mendapat cashback dari total pendapatan mereka di platform GrabFood.

Cashback ditentukan berdasarkan kinerja bisnis para mitra merchant setiap bulan,” jela Hadi.

Baca juga: Sederhana Ala Warren Buffett: Tak Pernah Pindah Rumah, Beli Mobil Harga Diskon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com