Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Serahkan Bantuan ke Pelaku Usaha dan PKL di Mojokerto, Menaker Minta Mereka Tertib Prokes

Kompas.com - 06/08/2021, 13:18 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berpesan kepada para pelaku usaha dan pedagang kaki lima (PKL) di Mojokerto, Jawa Timur (Jatim), untuk tetap tertib menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Sebab, kata dia, prokes merupakan salah satu pilar utama pengendalian Covid-19. Ketertiban masyarakat dalam menerapkan prokes sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan penanganan pandemi Covid-19.

“Sehingga nanti wilayah penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 bisa turun menjadi level 3 hingga nanti bisa turun dan benar-benar hilang. Ini semua dimulai dari seberapa tertib kita menerapkan prokes,” ujar Ida melalui keterangan tertulis resmi, dikutip Kompas.com, Jumat (6/8/2021).

Hal itu disampaikan Ida saat menyerahkan bantuan program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) kepada para PKL di Mojokerto, Jatim, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Sejumlah Upaya Kemenaker Tingkatkan Perlindungan bagi Pekerja Perempuan

Bantuan diberikan kepada lima kelompok usaha dan PKL, yakni Kelompok Usaha Tanjangrono, Kelompok Usaha Kedungmaling, Kelompok Usaha Karangmojo, Kelompok Usaha PPKL Gajah Mada Indonesia, dan Kelompok Usaha PPKL Pedagang Bangsal.

"Secara total, program TKM ini akan diberikan kepada 100.000 pelaku usaha mikro dan ultra mikro," ujar Ida.

Ida menjelaskan, TKM merupakan salah satu upaya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memberikan bantuan kepada para pelaku usaha terdampak Covid-19 selama masa PPKM.

"Program ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Kemenaker untuk menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan kebijakan PPKM level 4 yang berakibat pada pelemahan ekonomi," jelasnya.

Meski tidak seberapa, kata Ida, diharapkan TKM bisa membantu para pelaku UMKM di tengah kondisi pandemi.

Baca juga: Dukung Nakes, Kemenaker dan IDI Gelar Pelatihan Tanggap Darurat Hadapi Pandemi

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban, menjadi modal usaha kembali, serta meringankan beban teman-teman pelaku usaha mikro," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com