Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menambah Penghasilan Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 21/08/2021, 17:02 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memang sudah keluar dari resesi ekonomi. Namun selagi masih ada pandemi Covid-19, ekonomi belum akan baik-baik saja.

Kamu mesti antisipasi. Jaga-jaga jika terjadi guncangan keuangan pribadi akibat ketidakpastian ekonomi.

Caranya tidak melulu memangkas pengeluaran. Ketika pengeluaran sudah mentok atau tidak bisa dikurangi lagi, maka kamu harus putar otak.

Caranya yaitu dengan meningkatkan penghasilan. Dalam hal ini, sebaiknya kamu tidak mengandalkan pemasukan dari satu sumber saja. Misalnya gaji bulanan dari bekerja kantoran.

Kamu harus punya sumber lain untuk menambah penghasilan. Tetapi harus memulai kerja cerdas, bukan lagi kerja keras.

Baca juga: Kapasitas Pembangkit EBT Bertambah 217 MW pada Semester I-2021

Berikut cara untuk menambah atau meningkatkan penghasilan di masa pandemi, seperti dikutip dari Cermati.com:

  • Manfaatkan internet dan ponsel untuk hasilkan banyak uang

Zaman now, mencari penghasilan tambahan sangat mudah. Cukup berbekal ponsel dan internet, kamu bisa mendapatkan uang ratusan ribu, bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Malahan saking menjanjikannya, pekerjaan online ini dapat dijadikan mata pencaharian utama. Antara lain, buka toko online, jadi influencer, selebgram, content creator, vlogger, podcasters.

Selain itu, menggunakan aplikasi penghasil uang yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengisi survei online berbayar, hingga ikutan kuis dan giveaway.

Mungkin selama ini kamu tidak pernah terpikir atau gengsi untuk melakoni pekerjaan sampingan tersebut. Tetapi sekarang cobalah.

Ingat, untuk meraih masa depan keuangan cemerlang butuh dana besar. Kalau kamu hanya menggantungkan penghasilan dari satu sumber, maka bersiap miskin selamanya.

  • Tukar keahlian dengan uang

Beruntunglah orang yang punya keahlian. Peluang untuk meningkatkan penghasilan lebih terbuka lebar. Keahlianmu bisa "dijual" dan pasti menghasilkan. Punya keahlian menulis, jadi blogger, membuat e-book, content writer, jurnalis lepas atau kontributor, copywriter, dan lainnya.

Jago motret, jadi freelance fotografer dan menjual stok foto, dan sebagainya. Misalnya blogger aktif mengisi blog dengan tulisan-tulisan menarik, pasti akan mengundang banyak pembaca. Trafik kunjungan terus meningkat.

Perusahaan akan melirik blog kamu. Mereka bakal pasang iklan maupun endorse dengan bayaran mahal.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa kebanjiran undangan menjadi narasumber atau pembicara di acara-acara tertentu, seperti seminar, workshop, dan lainnya.

Makanya, penting bagimu terus meningkatkan keahlian yang dimiliki atau menambah keahlian lain. Kesempatan untuk mendapatkan uang akan semakin besar.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas agar Keuangan Aman Sentosa saat WFH

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com