Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Sebut Ada Sederet Investor Asing Akan Berinvestasi di RI

Kompas.com - 08/09/2021, 16:32 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, sejumlah perusahaan papan atas dari Korea Selatan, Uni Emirat Arab (UEA) dan China akan berinvestasi di Indonesia.

"Saya percaya betul karena ada keterangan yang diberikan secara langsung oleh Samsung, Hyundai, oleh pengusaha-pengusaha Tiongkok dan juga Abu Dhabi, yang menyampaikan kepada saya bahwa mereka mau investasi," ucapnya secara virtual, dalam Kampanye Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Banda Aceh, Rabu (8/9/2021).

Untuk memperlancar masuknya investor asing ke RI, pemerintah menawarkan kemudahan atau insentif. Kendati demikian, Luhut tidak menyebut insentif yang ditawarkan kepada para investor.

Baca juga: UEA Akan Investasi 500 Juta Dollar AS Untuk Bangun Resort di Aceh Singkil

"Saya dorong kepada Samsung kemarin, kenapa kau enggak bikin investasi untuk industri-industri hi-tech. (Kemudian pemerintah menawarkan ke investor) insentif apa yang kamu mau, sampaikan dan kita (pemerintah) berikan. Mereka (para investor) mau," ujarnya.

Karena Indonesia, sambung Luhut, memiliki bahan baku yang diinginkan oleh para investor asing. 

"Karena kita punya semua hilirisasi nikel, ada tadi bauksit, ada pasir besi. ada juga kelapa sawit dan sebagainya," ujarnya.

Sebelumnya, Luhut menyampaikan bahwa pada 13-15 September 2021, pemerintah dari Uni Emirat Arab akan bertandang ke Indonesia. Kunjungan tersebut dalam rangka menjalin investasi, khususnya di Provinsi Aceh.

Baca juga: Ridwan Kamil Optimistis, 10 Tahun Lagi Jabar Jadi Pusat Investasi di ASEAN

Nilai investasi yang akan disuntik oleh UEA sebesar 500 juta dollar AS atau setara Rp 7,13 triliun. Dana tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membangun resort di lahan rawa seluas 40.000 hektare di Kabupaten Singkil Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com