Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Hal Ini jika Mencari Partner Bisnis yang Tepat

Kompas.com - 19/10/2021, 14:58 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam membangun bisnis bersama-sama, memilih rekan bisnis yang tepat adalah salah satu aspek fundamental yang menjadi faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis.

Sehingga pemilihan rekan bisnis harus dipersiapkan secara matang dalam tahap awal merintis bisnis.

Lalu bagaimana cara memilih rekan bisnis yang tepat?

Baca juga: Ingin Sukses Berbisnis di E-Commerce? Hindari 5 Kesalahan Ini

Salah satu Psikiater Jiemi Ardian mengatakan, dalam konteks memilih partner bisnis tidak melulu harus memiliki kepribadian yang sama atau serupa. Tapi dalam memilih partner, sebaiknya pilihlah partner yang memiliki keterampilan dalam berkonflik.

"Keterampilan dalam berkonflik itu maksudnya apa? Maksudnya adalah proses kemampuan seseorang atau lebih untuk menyadari egonya, batasan dirinya, dan mau berkolaborasi bersama-sama mencapai visi yang sama," ujarnya dalam ShopeePay Talks edisi ke:13 secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Lalu yang kedua adalah pilihlah partner yang memiliki tujuan atau visi dan misi yang sama. Menurut dia visi dan misi ini bisa menjadi common ground atau landasan utama bila ada konflik.

Baca juga: Mau Berbisnis? Simak Tips Ala Bos SayurBox dan BLP Ini

"Artinya, kalau kita enggak punya pijakan atau landasan yang kuat ketika berkonflik yang menjadi efeknya adalah mencari siapa yang salah dan bukan mencari solusi dan dalam proses seperti ini ujung-ujungnya cuma 2 yaitu kalau enggak saya yang kesal karena disalahkan atau saya kesal karena dia salah, enggak ada endingnya," jelas Jiemi.

Tapi kalau ada landasan utama atau pijakan yang kuat, kata Jiemi, bukan lagi saling menyalahkan tapi mencari bersama bagaimana solusi bisa diciptakan. " Enggak lagi ngomong karena kamu, karena aku, tapi ngomong sepertinya salahnya di sini," ungkap Jiemi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com