Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upah Buruh Tani Januari Naik 0,72 Persen, Tak Diikuti Upah Riil Buruh Bangunan

Kompas.com - 15/02/2022, 15:00 WIB
Fika Nurul Ulya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat upah nominal harian buruh tani nasional pada Januari 2022 naik sebesar 0,72 persen dibanding upah nominal buruh tani Desember 2021.

Hal ini membuat upah nominal menjadi Rp 57.595 per hari dari Rp 57.180. Sementara itu, upah riil buruh tani mengalami kenaikan sebesar 0,28 persen.

"Secara nominal upah buruh tani Januari 2022 naik sebesar 0,72 persen. Secara riil upah buruh tani masih mengalami peningkatan sebesar 0,28 persen," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto dalam konferensi pers, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: BPS: Upah Buruh Tani dan Bangunan Naik pada November 2021

Setianto menjelaskan, upah buruh tani secara nominal yang tertinggi terjadi di Provinsi Kalimantan Utara. Upah nominal provinsi itu mencapai Rp 74.531.

Namun, wilayah dengan upah nominal terendah, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta yang hanya tembus Rp 32.219.

Di sisi lain, perkembangan upah buruh bangunan secara nominal pada Januari 2022 naik 0,38 persen. Kenaikan ini membuat upah nominal buruh bangunan menjadi Rp 91.682 dari Rp 91.335.

Baca juga: BPS: Upah Riil Buruh Tani Naik tetapi Upah Buruh Bangunan Turun

Sayangnya, kenaikan upah tidak diikuti oleh upah riil. BPS mencatat, upah riil buruh bangunan justru merosot 0,18 persen.

"Karena memang pada Januari 2022 ini terjadi inflasi 0,56 persen seperti di rilis BPS pada awal Februari lalu, sehingga secara riil upah buruh bangunan bulan Januari 2022 turun 0,18 persen," ujar dia.

Baca juga: Menaker: Tenaga Kerja Perempuan di 4 Sektor Ini Bisa Kantongi Upah Tinggi

Sebagai informasi, upah nominal buruh/pekerja adalah rata-rata upah harian yang diterima buruh sebagai balas jasa pekerjaan yang telah dilakukan.

Adapun upah riil buruh menggambarkan daya beli dari pendapatan/upah yang diterima buruh/pekerja.

Sementara itu, upah rill buruh tani adalah perbandingan antara upah nominal buruh tani dengan indeks konsumsi rumah tangga pedesaan, sedangkan upah riil buruh bangunan adalah perbandingan upah nominal buruh bangunan terhadap indeks harga konsumen perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com