Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Digital Butuh Data Center, Ini Manfaat Pakai NeuCentrix

Kompas.com - 21/02/2022, 18:10 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi memaksa banyak pelaku usaha mengubah cara penjualannya menjadi secara online. Delapan sektor industri yang kemudian jadi sorotan yakni e-commerce, makanan, pengiriman, komunikasi online, media dan konten online, keuangan, layanan dan teknologi kesehatan, dan teknologi pendidikan.

Dengan mengandalkan penjualan secara digital atau online, pelaku bisnis di sektor industri di atas mau tak mau bergantung ke infrastruktur digital, salah satunya data center

Bogi Witjaksono, Direktur Wholesale dan International Services Telkom mengatakan, implementasi bekerja dari rumah (WFH) memaksa bisnis berubah. Banyak bisnis yang akhirnya memilih data center colocation daripada opsi yang konvensional.

Baca juga: Makin Banyak UMKM Manfaatkan Tren Digital, Data Center Tak Boleh Kebakaran

Salah satu data center colocation adalah NeuCentrix dari Telkom. Apa saja keuntungan menggunakan data center ini? 

Pertama, NeuCentrix membuat pekerjaan jarak jauh menjadi lebih mudah, memungkinkan perusahaan untuk mendapat layanan terbaik, serta mengurangi biaya dibanding dengan mengelola data center sendiri.

Kedua, perusahaan dapat memperoleh manfaat dari infrastruktur yang telah dirancang dengan baik serta daya dan sistem pendingin yang efisien tanpa harus khawatir tentang perawatannya.

Ketiga, NeuCentrIX juga menyediakan dukungan 24/7 di setiap lokasi data center, menghilangkan kebutuhan perusahaan untuk menyediakan tim IT khusus yang dibutuhkan ketika terjadi masalah.

Baca juga: Telkom akan Miliki Data Center Terbesar di Indonesia

 

Lalu, apa manfaat menggunakan data center colocation ini? 

Bogi mengungkapkan, ada beberapa efisiensi yang didapatkan dari penggunaan layanan data center colocation, yakni efisiensi finansial dan operasional.

Data Center yang menawarkan layanan colocation seperti NeuCentrIX dnya Telkom dapat memastikan efisiensi finansial dan operasional dalam bisnis.

“Secara finansial, colocation menguntungkan dalam dua cara, mengurangi pengeluaran modal dengan menghilangkan investasi infrastruktur awal untuk membangun pusat data di lokasi dan memotong biaya untuk akuisisi karyawan departemen TI," katanya. 

"NeuCentrIX juga mengimplementasikan sistem harga bayar sesuai penggunaan yang memungkinkan kita hanya membelanjakan uang untuk layanan yang digunakan. Tidak ada yang lain,” lanjutnya.

Baca juga: Wujudkan Ekosistem Digital, Telkom Hadirkan Data Center neuCentrIX di Banjarmasin

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com