Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapangan Gas di Selat Madura Mulai Berproduksi, Subholding Gas Pertamina Jadi Salah Satu Pembeli

Kompas.com - 24/10/2022, 19:05 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Dua lapangan gas di Selat Madura Jawa Timur sudah beroperasi mulai 23 Oktober 2022, yakni lapangan MDA-MBH (2M). Keduanya dioperasikan Husky - CNOOC Madura Limited (HCML), operator minyak dan gas bumi (migas) blok Selat Madura, di bawah Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Dari dua lapangan tersebut pada Minggu (23/10/2022) pukul 07.25 WIB, telah mengalir gas sebesar 22.01 MMSCF ke Fasilitas FPU “Trunojoyo 01” yang kemudian dialirkan ke East Java Gas Pipeline (EJGP), sehingga dua lapangan gas tersebut resmi memulai masa komersial.

FPU “Trunojoyo 01” diharapkan mampu mengolah gas dari lapangan MDA dan MBH maksimal 175 MMSCFD.

Beroperasinya lapangan gas MDA-MBH akan meningkatkan pasokan gas ke seluruh wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

VP Operations HCML Perkasa Sinagabariang mengatakan, proyek 2M sekarang akan memasuki tahap akhir pengembangannya yaitu final commissioning, dan menempatkan semua sumur pengembangan onstream hingga ke produksi dataran tinggi Proyek Pengembangan Lapangan MDA-MBH di 3-4 minggu ke depan.

Baca juga: Lapangan MAC Selat Madura Siap Berproduksi, Bisa Tambah Produksi Gas Nasional

Pasok gas untuk PLN dan petrokimia PKG

Sementara itu, Senior Manager Legal & Business Support HCML Wahyudin Sunarya mengatakan, produksi Lapangan MDA-MBH akan menjadi salah satu pemasok utama feed gas untuk pembangkit listrik PLN dan petrokimia PKG.

"HCML berusaha untuk mendukung perekonomian lokal dengan terus memasok gas alam yang rendah karbon dan energi yang bersih," jelasnya melalui keterangan resminya Senin (24/10/2022).

General Manager HCML, Kang An menambajkan HCML akan menjadi salah satu kontributor dalam upaya pencapaian target produksi 1 juta BOPD dan 12 BSCFD pada tahun 2030.

“Ini merupakan milestone yang sangat penting dalam mewujudkan gas pertama pengembangan proyek Lapangan MDA-MBH. Kami akan mencapai visi kami untuk menjadi produsen gas nomor satu di wilayah Jawa Timur setelah produksi penuh lapangan MBH-MDA,” jelasnya.

Baca juga: SKK Migas Klaim Sudah Punya Solusi untuk Proyek Migas yang Mangkrak

SKK Migas dorong HCML tingkatkan investasi

Sementara Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Mohammad Kemal memberi apresiasi atas keberhasilan Lapangan MBH mengalirkan gas dan telah terintegrasi ke dalam fasilitas FPU Trunojoyo 1 yang dioperasikan oleh HCML.

"Sebagai salah satu KKKS yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam pencapaian produksi dan lifting nasional, maka keberhasilan lapangan MBH tidak hanya akan menambah pencapaian salur gas HCML, tetapi juga memperkuat neraca gas dan salur gas secara nasional untuk dapat mencapai target 2022," kata Kemal.

Menurutnya, SKK Migas terus mendorong HCML untuk dapat meningkatkan investasinya dan menjadi salah satu kontributor yang kuat untuk mendukung pencapaian target bersama yang telah ditetapkan Pemerintah yaitu produksi minyak 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas 12 miliar kaki kubik per hari (BSCFD) di tahun 2030, guna pemenuhan kecukupan energi nasional dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Baca juga: Eks Wamen ESDM Arcandra Tahar Sebut Gas Bumi Produk Energi Pilihan yang Ramah Lingkungan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com