Hadapi Potensi Resesi 2023, HIPMI Jakarta Selatan Kembangkan Model Bisnis Berkelanjutan

Kompas.com - 24/10/2022, 19:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Selatan mengembangkan model bisnis berkelanjutan untuk menanggulangi terjadinya resesi dan ketidakpastian ekonomi tahun depan.

Ketua Umum HIPMI Jakarta Selatan Muhammad Assad mengatakan, dunia bisnis di Jakarta Selatan sedikit banyak akan merasakan dampak resesi tersebut.

Sebab, banyak produk dari anggota HIPMI Jakarta Selatan yang selama ini telah merambah pasar global, terutama pada sektor manufaktur, jasa, hiburan, keuangan, dan distributor.

"Kami sedang menyusun strategi dan langkah-langkah apa yang bisa diambil oleh pengusaha jika resesi global benar-benar terjadi. Terutama bagi bisnis di Jakarta Selatan,” kata dia dalam keterangan pers, Senin (24/10/2022).

Ia menambahkan, dalam menghadapi resesi dan ketidakpastian ekonomi, sektor-sektor bisnis primer dan komoditi kemungkinan masih akan bertahan, bahkan mungkin malah semakin kuat.

Baca juga: Tidak Perlu Khawatir Resesi, Ini 3 Tips yang Dapat Dicoba untuk Mengantisipasinya

Sementara, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengingatkan, sepanjang sejarah krisis ekonomi yang terjadi, Indonesia senantiasa mampu bangkit dari krisis.

"Di tengah berbagai tantangan global tersebut, kita harus memandang perekonomian 2022 dengan optimistis. Pemerintah memproyeksikan tahun 2022 ini tumbuh di atas 5,2 persen. Pencapaian target pertumbuhan ini, tergantung sejumlah faktor, yaitu pengendalian pandemik, respons kebijakan ekonomi yang tepat, dan penciptaan lapangan kerja," jelas dia.

Untuk mendiskusikan tantangan tersebut, HIPMI Jakarta Selatan, menggelar Rakercab dan Business Forum bertema Build a Business That Lasts.

Acara ini membahas pengalaman dalam mengembangkan bisnis yang dapat bertahan dari masa ke masa (sustainable business).

Baca juga: Sang Ketum Mardani Maming Ditahan KPK, Ini Respons Hipmi

Menurut Assad, terdapat lima strategi yang bisa dijalankan para pengusaha dalam menerapkan strategi bisnis berkelanjutan untuk menghadapi tantangan resesi tahun depan.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.