Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN yang Memproduksi Pembenihan Pertanian adalah Sang Hyang Seri

Kompas.com - 06/04/2023, 11:11 WIB
Muhammad Idris

Penulis

 

KOMPAS.com - Di Indonesia, BUMN yang memproduksi pembenihan pertanian adalah PT Sang Hyang Seri (Persero) atau juga dikenal dengan SHS. Perusahaan ini sejatinya sudah berdiri sejak tahun 1812 atau di era Kolonial Belanda.

Sang Hyang Seri adalah satu-satunya perusahaan milik negara yang memang fokus memproduksi bibit, terutama bibit padi untuk petani di Tanah Air.

Pada awalnya, ada dua perusahaan BUMN yang memproduksi benih. Pertama, BUMN yang memproduksi pembenihan pertanian adalah PT Pertani (Persero), dan kedua adalah Sang Hyang Seri.

Namun pada tahun 2021, pemerintah melalui Kementerian BUMN meleburkan Pertani ke dalam Sang Hyang Seri demi alasan efisiensi bisnis dan fokus pada tugasnya sebagai produsen benih untuk petani.

Baca juga: BUMN Termasuk Pelaku Ekonomi Kategori RTP, Simak Penjelasannya

Setelah peleburan Pertani ke Sang Hyang Seri, perusahaan ini kemudian dimasukan dalam holding pangan ID Food yang berada di bawah PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI.

Sejarah Sang Hyang Seri

Dikutip dari laman resmi perusahaan, Sang Hyang Seri didirikan pada tahun 1812 dengan nama Pamanoekan en Tjiasemlanden Lands di lahan perkebunan Sukamandi.

Lalu pasca-kemerdekaan tepatnya tahun 1957, perusahaan itu dinasionalisasi dikelola oleh Yayasan Pembangunan Djawa Barat (YDPB) sampai tahun 1964.

Selanjutnya, dalam tahun 1964-1966 pengelolaan perkebunan itu dialihkan kepada Perusahaan Tapioka dan Rosela Sukamandi Djaya.

Proyek tersebut berlangsung sampai tahun 1968, sebelum kemudian berubah menjadi Lembaga Sang Hyang Seri Sukamandi (1968-1971) yang khusus mengusahakan produksi benih padi unggul.

Baca juga: Daftar 4 BUMN Bidang Kesehatan dan Bisnisnya

Sang Hyang Seri kemudian berubah statusnya menjadi Perum pada tahun 1971, lalu statusnya berubah lagi menjadi PT Syang Hyang Seri (Persero) pada tahun 1995 dengan bisnis inti perbenihan.

Selain benih padi, Sang Hyang Seri adalah produsen benih jagung, beras, dan pupuk organik.

Jadi setelah pelebuhan PT Pertani (Persero), maka satu-satunya BUMN yang memproduksi pembenihan pertanian adalah Sang Hyang Seri.

BUMN yang memproduksi pembenihan pertanian adalah Pertani dan Sang Hyang Seri. Namun saat ini, Sang Hyang Seri adalah satu-satunya BUMN penghasil benih padi setelah peleburan dalam ID Food.SHUTTERSTOCK/WORRADIREK BUMN yang memproduksi pembenihan pertanian adalah Pertani dan Sang Hyang Seri. Namun saat ini, Sang Hyang Seri adalah satu-satunya BUMN penghasil benih padi setelah peleburan dalam ID Food.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com