Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ID Food Salurkan Bansos Pangan ke-4 Provinsi Mulai 15 April 2023

Kompas.com - 11/04/2023, 20:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan mengatakan, pekan ini ID Food akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) pangan kepada keluarga dengan risiko stunting.

Bansos pangan tersebut sesuai penugasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah.

"Kemudian kami juga ditugaskan untuk mendukung program cadangan pangan pemerintah melalui Perpres Nomor 125 Tahun 2022, di mana dalam waktu dekat ada program distribusi bantuan pangan kepada keluarga dengan risiko stunting," ujarnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Baca juga: Bansos Telur dan Daging Ayam Segera Disalurkan, Ini Jumlah yang Bakal Diterima

Frans menyebut, terdapat 4 provinsi yang akan menerima bansos pangan tersebut pada pekan ini, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Banten.

"Distribusi pertama akan kami lakukan di akhir pekan ini, di hari Sabtu tanggal 15 April 2023. Dengan distribusi pertama berlokasi di 4 lokasi, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," lanjut dia.

Namun secara keseluruhan untuk penyaluran bansos pangan, terdapat 7 provinsi yang akan mendapatkannya dengan jumlah penerima sebanyak 1,4 juta orang.

"Tahap awal, kami distribusikan di tujuh provinsi yaitu Sumatera, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Barat. Dengan jumlah keluarga risiko stunting sebanyak 1,4 juta," ucap Frans.

Baca juga: Bos Bulog Jamin Bansos Beras 2023 Bebas dari Korupsi

Lebih lanjut kata Frans, untuk penyaluran bansos pangan selama 3 bulan (April, Mei, dan Juni) tersebut mencapai Rp 400an miliar. Adapun bantuan pangan yang diberikan berupa daging unggas dan telur kepada 1,4 juta penerima.

Pemberitaan sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, pemerintah akan menyalurkan bansos pangan telur dan daging ayam pada April 2023.

"Beras ini sudah kita salurkan, untuk telur itu untuk keluarga risiko stunting kita berharapnya minggu kedua atau minggu ketiga ini kita bisa jalankan," ujarnya di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Dia menjelaskan, bansos telur dan ayam diberikan kepada masyarakat yang terdata di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Sementara penerima bansos beras menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

Baca juga: Beras Bansos Disalurkan, Bos Bulog: Setiap Hari Kami Trace Barang Ini Lari ke Mana

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com