Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahfud MD Peringati Nuzulul Quran di IKN: Ini Satu Catatan Sejarah

Kompas.com - 14/04/2023, 17:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono bersama dengan Menko Polhukam Mahfud MD memperingati Nuzulul Quran untuk pertama kalinya di IKN, Kalimantan Timur.

Turut hadir juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

"Malam hari ini kita berkumpul untuk satu catatan sejarah di ibu kota negara, Ibu Kota Nusantara. Catatan sejarah karena ini adalah pertama kali di ibu kota ini diadakan Nuzulul Quran," kata Mahfud MD dalam sambutannya dikutip dari siaran pers, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Soal Gaji Pegawai Otorita IKN Belum Dibayar, Jokowi: Haknya Tidak Hilang dan Akan Kita Percepat...

Mahfud menuturkan, peringatan Nuzulul Quran di IKN akan menjadi catatan sejarah penting. "Suatu saat ibu kota negara sudah besar bisa saja akan ada jemaah terbanyak, mungkin dihadiri ribuan orang tapi tidak akan ada yang pertama. Inilah yang pertama kalinya," ucapnya.

Acara diawali dengan hadroh dari Tim Rebana Yonkav 13/SL PIPM Kodam VI/Mulawarman, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh qori remaja terbaik di Kalimantan Timur.

Sebelum menghadiri Nuzulul Quran di hunian pekerja konstruksi, Menkopolhukam bersama rombongan Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN juga berkunjung ke sejumlah lokasi pembangunan.

Baca juga: Kepala Otorita IKN Akui Keteteran Kejar Target, Minta DPR Bujuk Menteri PANRB Rekrut Direktur dari Swasta

 


Kunjungan pertama di Bendungan Sepaku Semoi untuk melihat progres persiapan infrastruktur air. Dilanjutkan ke Titik Nol IKN. Kemudian melihat langsung konstruksi dari kawasan Sumbu Kebangsaan Barat dan Istana Negara.

Beberapa waktu lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa meninjau langsung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur.

Terdapat sejumlah titik yang dia tinjau tahapan pembangunannya terutama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Suharso bilang, terdapat 8 titik pembangunan di KIPP yang sedang difokuskan untuk dibangun.

"Titik pembangunan tersebut meliputi hunian pekerja konstruksi, gedung kementerian koordinator 1, gedung kementerian koordinator 2, gedung kementerian koordinator 3, gedung kementerian Koordinator 4, Istana Negara dan lapangan upacara, penataan sumbu kebangsaan tahap 1 dan rumah tapak jabatan," katanya dari keterangan Instagram @suharsomonoarfa, dikutip Senin (23/1/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com