Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Anggito Abimanyu
Dosen UGM

Dosen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ketua Departemen Ekonomi dan Bisnis, Sekolah Vokasi UGM. Ketua Bidang Organisasi, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia

Siklus Perputaran Uang Lebaran

Kompas.com - 24/04/2023, 07:02 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DI INDONESIA, puncak peredaran uang dalam periode satu tahun terjadi pada bulan Ramadhan dan Lebaran. Kemudian diikuti pada periode Natal dan Tahun baru.

Menurut Bank Indonesia, periode Ramadhan dan Idul Fitri, rata-rata perputaran adalah 25 persen dalam satu tahun.

Periode peredaran uang tertinggi kedua dalam satu tahun terjadi saat Natal dan Tahun Baru dengan persentase mencapai 20 persen dari total jumlah uang beredar dalam satu tahun.

Jika digabungkan, maka sisa peredaran uang sekitar 55 persen terjadi pada di luar bulan tersebut.

Dengan pola peredaran yang relatif pasti tersebut, maka sebenarnya tidak terlalu sulit mengatur likuditas perekonomian. BI dapat mengetahui kapan penyediaan uang tunai di masyarakat, kapan masuknya kembali uang tunai ke bank dan berapa lama uang tunai beredar dan keluar akan terjadi.

Pengelolaan likuiditas uang juga lebih mudah lagi apabila peredaran uang dalam kendali pemerintah seperti APBN dan APBD bisa dipastikan siklus masuk dan keluar.

Minimal 20 persen lagi bisa dipastikan, sehingga tinggal 25 persen dengan sirkulasi yang tidak dapat diperkirakan secara pasti.

Kepastian siklus peredaran uang akan memudahkan pemantauan inflasi oleh Bank Indonesia. Apalagi, apabila peredaran uang tunai bisa diminimalkan, maka inflasi dapat dikendalikan dengan optimal.

Mutasi dana melalui uang elektronik mudah dideteksi karena semua tercatat dalam sistem perbankan. Bank memberikan catatan realtime mutasi dana rekening nasabah dan memberikan laporan posisi akhir periode.

Karena peningkatan peredaran uang, inflasi Indonesia yang biasanya meningkat di Ramadhan, kecenderungan belum terlihat tahun ini.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan tingkat inflasi bulanan pada Maret 2023 tercatat 0,18 persen. Inflasi meningkat dibandingkan pada Februari 2023 sebesar 0,16 persen.

Tingkat inflasi bulan Maret 2023 rendah dibandingkan periode Ramadhan tahun sebelumnya. Lebih dari lima tahun terakhir, tingkat inflasi pada periode bulan Ramadhan selalu berada di atas angka 0,4 persen.

Rendahnya tingkat inflasi Ramadhan tahun ini terjadi karena tekanan permintaan dan daya beli masyarakat yang melemah pasca-Covid-19.

Dana Lebaran

Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri 2023, BI dan perbankan telah menyiapkan uang tunai Rp 195 triliun. Dana tunai tersebut untuk transaksi periode 27 Maret hingga 20 April 2023.

Jumlah tersebut berarti meningkat 8,22 persen dibanding realisasi tahun 2022. Di bank komersial telah disediakan dana yang siap tarik tunai sewaktu-waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com