Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Layanan Balik Gratis, BPKH Kerahkan 60 Bus

Kompas.com - 01/05/2023, 17:44 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memfasilitasi balik mudik gratis bagi ribuan warga di Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya, lewat program kolaborasi dengan Baitul Maal Muamalat (BMM) dan Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli).

Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander mengatakan, pihaknya mengerahkan 60 bus untuk mengangkut 2.650 orang dari Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya, menuju Jabodetabek.

"Peserta berasal dari berbagai wilayah di sekitaran kota Yogyakarta, di antaranya Klaten, Magelang, dan Solo," kata dia, dalam keterangannya, dikutip Senin (1/5/2023).

Baca juga: Update Arus Balik Lebaran, Kemenhub: 31,36 Persen Kendaraan Belum Kembali dari Mudik

Menurut dia, terdapat 4 titik pemberhentian, yakni Terminal Poris, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang dan Terminal Baranangsiang.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Indra Gunawan menjelaskan, program balik mudik gratis tersebut tidak menggunakan dana haji yang bersumber dari setoran jemaah.

"Balik Kerja Bareng BPKH merupakan program kemaslahatan yang dananya bersumber dari nilai manfaat Dana Abadi Umat. Jadi tidak ada dana setoran awal calon jemaah haji yang digunakan untuk pelaksanaannya," tuturnya.

Sementara itu, Anggota Badan Pelaksana BPKH Sulistyowati berharap, program Balik Kerja Bareng BPKH dapat membantu pemudik mengurangi pengeluaran transportasi untuk kembali ke Jabodetabek.

’’Pada momentum hari raya idul fitri 1444 Hijriah ini BPKH bekerja sama dengan Baitul Maal Muamalat (BMM) memberikan fasilitas mobilisasi balik gratis kepada umat Islam yang mudik ke kampung halaman, dengan harapan dapat membantu meringankan biaya perjalanan mereka,’’ ucapnya.

Baca juga: Update Arus Balik Hari Ini, 44.000 Penumpang Kereta Kembali ke Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com