Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rukun Raharja Cetak Laba 5,7 Juta Dollar AS di Kuartal I-2023

Kompas.com - 02/05/2023, 18:07 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten minyak dan gas (migas), PT Rukun Raharja Tbk, mencatatkan kinerja keuangan yang positif pada kuartal pertama 2023. Hal ini terefleksikan dari laba bersih perusahaan yang tumbuh pesat.

Berdasarkan dokumen keuangan perusahaan, emiten dengan kode saham RAJA itu mencatatkan laba bersih sebesar 5,7 juta dollar AS. Realisasi ini melonjak 148 persen secara tahunan dari 2,3 juta dollar AS.

"Laba bersih ditahun 2023 ini menempati angka paling tinggi jika dibandingkan dengan laba bersih dalam periode yang sama pada (tiga) tahun terakhir ini," ujar Direktur Utama Rukun Rahardja, Djauhar Maulidi, dalam keterangannya, Selasa (2/5/2023).

Baca juga: Jumlah Penumpang Angkutan Umum Capai 977.742 di H+7 Lebaran

Pertumbuhan laba bersih itu selaras dengan pendapatan perseroan yang meningkat signifikan. Tercatat pendapatan perseroan tumbuh 34 persen secara tahunan menjadi 37 juta dollar AS hingga akhir Maret lalu.

Djauhar mengatakan, pertumbuhan pendapatan ditopang oleh kenaikan penjualan gas serta kenaikan tolling fee baik dari pipa gas perseroan dan pipa minyak mentah Rokan yang sudah full stream sehingga sudah dapat memberikan kontribusi pada triwulan pertama 2023 ini.

"Selain dari eksisting bisnis, kenaikan pendapatan ini juga merupakan kontribusi dari bisnis baru Perseroan yaitu oil and gas services," kata dia.

Selain lonjakan pendapatan, Djauhar bilang, kenaikan laba bersih juga dipengaruhi penurunan biaya administrasi dan umum. Selain itu, kontribusi dari investasi pada hulu migas juga mencatatkan kenaikan dampak dari harga minyak mentah dunia yang tinggi.

Baca juga: Penurunan Kuota DMO Minyak Goreng Dinilai Bisa Buka Peluang Peningkatan Ekspor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com