Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Tanjung Api Api, Jadwal Kapal dan Tiketnya

Kompas.com - 06/05/2023, 14:30 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Tanjung Api Api adalah salah satu pelabuhan terbesar di Sumatera Selatan (Sumsel). Pelabuhan ini juga kerap disebut sebagai Pelabuhan Penyeberangan Palembang Bangka.

Pelabuhan Tanjung Api Api merupakan pelabuhan yang terletak di pantai Timur Sumatera, dengan posisi berhadapan dengan Selat Bangka. Kawasan pelabuhan masuk dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin.

Kapal-kapal dari pelabuhan ini didominasi lalu lintas kapal menuju ke Pelabuhan Tanjung Kelian di Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Apabila merujuk dari sejarahnya, Pelabuhan Penyeberangan Palembang Bangka sudah lama diusulkan dibangun sejak era Orde Baru, namun pembangunannya baru bisa terealisasi di era reformasi, tepatnya dimulai pada 2004 dan selesai pada 2007.

Dengan beroperasinya Pelabuhan Tanjung Api Api, otomatis banyak menggantikan fungsi Pelabuhan Penyeberangan 35 Ilir Palembang.

Baca juga: Info Pelabuhan Kayangan Lombok, Jadwal Kapal dan Tiketnya

Pelabuhan ini berjarak sekitar 68 kilometer dari Kota Palembang, dengan waktu tempuh perjalanan 1-2 jam. Transportasi umum yang tersedia ke Pelabuhan Tanjung Api adalah bus Damri.

Jadwal Kapal dan Tiket Pelabuhan Tanjung Api Api

Dikutip dari Tribunnews, saat ini penyeberangan dari Pelabuhan Tanjung Api-api menuju ke Muntok Bangka dilayani setiap hari dengan jumlah sembilan trip atau keberangkatan.

Keberangkatan kapal dari Pelabuhan Tanjung Api Api tetap sesuai dengan jadwal yang telah ada berdasarkan peraturan Kementerian Perhubungan.

Berikut jadwal keberangkatan kapal dari Pelabuhan Tanjung Api Api menuju ke Muntok dengan keberangkatan kapal setiap dua jam sekali, Bangka Belitung:

  • 07.00 WIB
  • 09.00 WIB
  • 11.00 WIB
  • 13.00 WIB
  • 15.00 WIB
  • 17.00 WIB
  • 18.00 WIB
  • 21.00 WIB
  • 23.00 WIB

Jadwal tersebut juga berlaku untuk kapal yang balik dari Muntok Bangka Belitung ke Pelabuhan Tanjung Api.

Baca juga: Info Pelabuhan Merak, Jadwal Kapal, dan Harga Tiket

Harga Tiket Pelabuhan Penyeberangan Palembang Bangka

Harga tiket kapal di Pelabuhan Penyeberangan Palembang Bangka didasarkan atas Keputusan (SK) Menteri Perhubungan Bomor 172 tentang tarif penyelenggaraan penyeberangan kelas ekonomi lintas antar provinsi.

Berikut rincian harga tiketnya yang berlaku sejak 2023:

  • Tarif penumpang Rp 51.200
  • Tarif golongan I sepeda Rp 66.710
  • Tarif golongan II sepeda motor kurang dari 500cc Rp 123.350
  • Tarif golongan III sepeda motor di atas 500cc Rp 207.900
  • Golongan IV kendaraan penumpang Rp 966.240
  • Golongan IV kendaraan barang Rp 839.726
  • Golongan V kendaraan penumpang Rp 1.707.710
  • Golongan V kendaraan barang Rp 1.558.454
  • Golongan VI kendaraan penumpang Rp 2.800.820
  • Golongan VI kendaraan barang Rp 2.404.908
  • Golongan VII kendaraan panjang 10-12 meter Rp 2.854.373
  • Golongan VIII kendaraan panjang di atas 12 meter Rp 4.096.810.

Jadwal kapal di Pelabuhan Tanjung Api tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, terutama apabila kondisi cuaca memburuk seperti ombak tinggi dan sebagainya.

Jarak dari Pelabuhan Tanjung Api Api ke Muntok adalah sekitar 58 kilometer, dengan waktu tempuh menggunakan kapal roro adalah sekitar 3 jam perjalan.

Harga tiket kapal di Pelabuhan Penyeberangan Palembang Bangka untuk penumpang adalah Rp 51.200. Sementara untuk tarif kendaraan di Pelabuhan Tanjung Api Api, disesuaikan dengan golongannya.Dispenal Harga tiket kapal di Pelabuhan Penyeberangan Palembang Bangka untuk penumpang adalah Rp 51.200. Sementara untuk tarif kendaraan di Pelabuhan Tanjung Api Api, disesuaikan dengan golongannya.

Baca juga: Profil Pelabuhan Bakauheni Lampung, Jadwal, dan Harga Tiketnya

KEK Tanjung Api Api

Selain sebagai pelabuhan angkutan penumpang dan barang yang paling ramai di Sumsel, Pelabuhan Tanjung Api Api juga terintegrasi dengan kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Api Api.

Kawasan ekonomi ini memiliki peran strategis dalam menyokong industri perkebunan di Provinsi Sumsel dengan komoditas utama minyak kelapa sawit dan karet.

Rencananya, Pelabuhan Tanjung Api Api bakal terintegerasi dengan jalur kereta api batu bara dari Tanjung Enim yang menuju ke arah KEK Tanjung Api Api. Bahkan yang terbaru, Pelabuhan Tanjung Api Api juga bisa akan terakses dengan jalan Tol Trans Sumatera.

Diharapkan kawasan pelabuhan dan KEK industri Tanjung Api Api maka wilayah pesisir Musi Banyuasin akan menjadi kawasan industri yang baru yang berkembang, serta dapat menyerap tenaga kerja.

Pelabuhan Tanjung Api Api alias Pelabuhan Penyeberangan Palembang Bangka menjadi akses utama dari Palembang ke Bangka Belitung. Nantinya, pelabuhan ini akan terakses dengan Tol Trans Sumatera.Dok. SEVP of Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero) Pelabuhan Tanjung Api Api alias Pelabuhan Penyeberangan Palembang Bangka menjadi akses utama dari Palembang ke Bangka Belitung. Nantinya, pelabuhan ini akan terakses dengan Tol Trans Sumatera.

Baca juga: Info Pelabuhan Padang Bai Bali, Jadwal Kapal, dan Tiketnya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com