Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Transaksi dengan Kemenkeu Sempat Terganggu, BSI: Alhamdulillah Saat Ini Sudah Normal

Kompas.com - 15/05/2023, 19:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan transaksi Modul Penerimaan Negara (MPN) dan Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara (SPAN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia melalui PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI sempat alami gangguan.

Gangguan tersebut sempat terjadi pada Senin pada Senin pekan lalu (8/5/2023), bersamaan dengan gangguan layan perbankan lain.

Namun demikian, Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan saat ini layanan BSI sudah kembali normal termasuk transaksi krusial MPN dan SPAN Kemenkeu.

Baca juga: BSI, Bisnis Ransomware, dan Negosiasi Pemerasan

BSI sebagai Bank Operasional Mitra Kementerian Keuangan kini sudah kembali dapat mentransaksikan penyaluran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Alhamdulillah saat ini transaksi MPN dan SPAN di BSI sudah kembali tersambung dan berangsur normal. Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi seluruh nasabah yang ingin melakukan transaksi di BSI sebagai salah satu bank operasional mitra Kementerian Keuangan,” tutur Ngatari, dalam keterangannya, Senin (15/5/2023).

Ngatari menjelaskan, operasional SPAN di BSI antara lain penyaluran dana SP2D Gaji, Non Gaji, serta Reksus SBSN saat ini sudah berangsur kembali normal.

Baca juga: Gangguan Layanan BSI Mirip Serangan Ransomware, Ini Saran Pakar Keamanan Siber agar Hal Serupa Tak Terulang

Adapun layanan pembayaran Pajak dan PNBP yang sudah kembali normal melalui seluruh channel di BSI, sudah dapat diakses di lebih dari 1.100 kantor cabang BSI seluruh Indonesia, BSI Net, CMS dan ATM.

Sebagai informasi, layanan perbankan sempat mengalami gangguan berhari-hari sejak Senin pekan lalu, diduga karena adanya serangan siber.

Manajemen BSI kemudian memastikan, layanan perbankan sudah kembali normal terhitung sejak Kamis (11/5/2023) lalu.

Baca juga: Layanan BSI Belum Maksimal, Pelaku Usaha di Aceh Barat Mengeluh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com