Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz Life Bayar Klaim Rp 4,3 Triliun Sepanjang 2022

Kompas.com - 19/05/2023, 19:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) melaporkan pembayaran klaim Rp 4,3 triliun di tahun 2022.

Business Director Allianz Life Indonesia Bianto Surodjo mengatakan, jumlah klaim tersebut dibayarkan kepada lebih dari 310.000 klaim asuransi jiwa dan kesehatan baik asuransi konvensional dan syariah.

"Pembayaran klaim adalah moment of truth bagi nasabah, di mana Allianz Life Indonesia hadir untuk membantu nasabah melewati masa yang menantang dengan kondisi penyakit yang dihadapi.," ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (19/5/2023).

Baca juga: Simak 5 Jenis Perlindungan Asuransi Sebelum Nonton Konser Coldplay

Bianto memerinci kondisi penyakit kritis yang paing banyak diklaim oleh nasabah di tahun 2022 adalah kanker dan stroke.

Selain itu, kondisi penyakit kritis yang banyak diklaim adalah angioplasti dan penatalaksanaan invasif lainnya untuk penyakit jantung koroner, penyakit jantung koroner lain yang serius, dan serangan jantung pertama.

Ia menambahkan, pihaknya memiliki perlindungan asuransi kesehatan dan jiwa adalah salah satu cara untuk mengantisipasi masalah finansial akibat risiko kesehatan yang mungkin dihadapi di masa depan.

Baca juga: IFG Sebut Lembaga Penjamin Polis Bakal Kembalikan Kepercayaan Masyarakat ke Industri Asuransi

Lebih lanjut, pada periode kuartal I-2023, Allianz telah membayarkan klaim asuransi sebesar Rp 1 triliun.

Jumlah pembayaran tersebut diberikan kepada lebih dari 70.000 klaim asuransi jiwa dan kesehatan, dari produk asuransi konvensional dan syariah.

Bianto menjelaskan, untuk kondisi penyakit kritis yang paling banyak diklaim oleh nasabah periode Januari-Maret 2023 adalah kanker, stroke, penyakit jantung koroner, serangan jantung pertama, dan gagal ginjal.

Baca juga: Asuransi UMKM Shop Package Insurance, Apa Manfaatnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com