Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Dorong Anak Muda Berkarier di Bank Dunia

Kompas.com - 23/06/2023, 16:10 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendorong anak muda untuk berkarier di Bank Dunia. Dorongan itu disampaikan untuk mendukung visi pemerintah terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Bendahara negara itu mengatakan, Grup Bank Dunia (World Bank Group/WBG) menawarkan program yang memberikan peluang pembelajaran, penempatan staf, dan peningkatan kapasitas bagi para profesional junior dan menengah untuk mengalami secara langsung pengalaman bekerja di lembaga keuangan tersebut.

Indonesia, sebagai anggota WBG, memiliki peluang besar untuk mendapatkan manfaat dari program peningkatan sumber daya manusianya sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi jangka panjang. 

Baca juga: Lantik Pejabat Kemenkeu, Sri Mulyani: Jadilah Pemimpin Bijaksana yang Mampu Beri Solusi dengan Empati

"Saya tahu betul Bank Dunia membuka pintu seluas-luasnya bagi individu-individu potensial dan terkemuka untuk bekerja di Bank Dunia. Karier di Bank Dunia terbuka lebar bagi mereka yang menyukai tantangan dan bersemangat menjadi agen perubahan," tutur dia, dikutip pada Jumat (23/6/2023).

"Saya mendorong banyak anak muda untuk berkarier di Bank Dunia," sambungnya.

Sri Mulyani yang juga sempat menjabat sebagai direktur pelaksana Bank Dunia menyebutkan, membangun karier di WBG juga akan berkontribusi langsung pada upaya global untuk mengakhiri kemiskinan global dan mempromosikan kesejahteraan bersama.

Sebab, untuk melayani kebutuhan negara anggota dalam mengatasi masalah pembangunan, WBG memerlukan SDM yang mumpuni dan mencerminkan keberagaman dari anggota Bank Dunia sehingga dapat bekerja secara efisien dan efektif dengan pembuat kebijakan. 

Baca juga: Korupsi Tukin di Kementerian ESDM, Sri Mulyani: Itu Tanggung Jawab Kementerian Masing-masing

"Untuk pegawai pemerintah dan swasta, saya juga mendorong mereka untuk melakukan secondment atau magang di Bank Dunia," kata Sri Mulyani.

Sebagai informasi, masyarakat dapat mengetahui lowongan kerja di WBG melalui laman resmi lembaga di sini.

"Pengalaman bekerja dengan organisasi internasional yang memiliki orang-orang yang beragam dan berkualifikasi tinggi akan memberi Anda wawasan yang lebih luas dan pengalaman yang tak ternilai, dan pada akhirnya, saya harap Anda dapat berkontribusi lebih banyak untuk Indonesia," ucap Sri Mulyani.

Baca juga: Sri Mulyani Jawab Keraguan DPD soal Kemampuan Bayar Utang Pemerintah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com