Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Luncurkan Fitur Layanan Pemesanan Janji Temu Bayar

Kompas.com - 23/06/2023, 20:30 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform infrastruktur keuangan untuk bisnis, Stripe, bekerja sama dengan Google untuk menyediakan layanan pemesanan janji temu berbayar dalam Google Calendar.

Fitur baru yang dibangun dengan Stripe Connect dan Stripe Checkout ini memungkinkan pelanggan secara langsung melakukan pembayaran atas layanan yang diinginkan, sambil melakukan pemesanannya di Google Calendar, tanpa perlu membuka situs web atau aplikasi lain, ataupun melakukan pembayaran di tempat.

“Stripe sangat memudahkan proses untuk menerima pembayaran langsung dari Google Calendar, sehingga pelanggan dapat menyelesaikan pemesanan dan melakukan pembayaran dalam hitungan detik,” ujar Vice President of Product Management di Google Workspace Ilya Brown dalam siaran persnya, Jumat (23/6/2023).

Baca juga: Masyarakat Bisa Dapat Uang dari Google, Begini Caranya

Dengan fitur baru ini, perusahaan ataupun bisnis dapat menawarkan opsi bagi klien mereka untuk memesan dan membayar layanan menggunakan Google Calendar dengan menghubungkan akun Stripe untuk membuat jadwal temu dan menetapkan harga.

Caranya, pelanggan cukup mengunjungi halaman pemesanan, memilih waktu yang diinginkan, dan memasukkan rincian pembayaran mereka.

Bisnis dan penyedia layanan dapat membuka akses ke pertemuan atau kegiatan setelah pembayaran dilakukan.

Baca juga: Google Indonesia Buka 6 Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syaratnya

 

Sementara itu, Chief Revenue Officer di Stripe Mike Clayville menuturkan, fitur pemesanan janji temu berbayar akan diluncurkan secara global bagi pelanggan Workspace terpilih dalam beberapa pekan mendatang.

“Dengan membuat janji temu dan pembayaran menjadi sangat mudah bagi pelanggan, maka lebih sedikit proses administrasi yang dibutuhkan dan lebih banyak pendapatan bagi bisnis,” kata Mike Clayville.

Baca juga: Libur Lebaran, 75 Persen Pengguna XL Axiata Paling Sering Akses Google Map dan Waze

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com