Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Bahas Pendanaan Perubahan Iklim dalam Pertemuan di Paris

Kompas.com - 23/06/2023, 19:07 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri pertemuan A New Global Financing Pact for Climate Change Action, di Paris, Perancis, pada Jumat (23/6/2023).

Pertemuan tersebut salah satunya membahas mengenai sumber dana untuk membiayai Investasi di negara-negara berkembang dalam rangka menghindarkan dunia dari bencana perubahan Iklim.

Dia mengatakan, menurut Nicholas Stern dari London School of Economics dan Amar Bhattacharya dari Brookings Institution diperlukan Investasi senilai 500 miliar dollar AS hingga 1 triliun periode 2019-2025 dan meningkat menjadi 2,4 triliun dollar AS hingga 2030, bagi negara berkembang untuk menghindari bencana perubahan iklim.

Baca juga: Sri Mulyani Dorong Anak Muda Berkarier di Bank Dunia

Pasca pandemi nilai investasi yang diperlukan makin besar yaitu 5,3 triliun dollar AS. Untuk perspektif atau sebagai perbandingan, dengan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia saat ini sekitar 1,24 triliun dollar AS.

Menurutnya setiap negara memiliki kedaulatan dan langkah untuk melakukan program perubahan iklim. Selain itu, diperlukan upaya lebih besar dan reformasi dari lembaga multilateral dalam mendukung negara berkembang untuk mencapai tujuan pembangunan.

Peran sektor swasta sangat penting dan diperlukan namun diperlukan upaya untuk menangani isu resiko dan instrumen katalis untuk mencapai hal tersebut.

Baca juga: Jusuf Hamka Batal Laporkan Staf Khusus Sri Mulyani

 

Kemudian juga, diperlukan mekanisme monitoring dan akuntabilitas agar komitmen negara maju dan dunia dalam pembiayaan dan pelaksanaan program perubahan iklim.

Itu agenda besar dan penting yang dibahas dalam Pertemuan di Paris ini. Hari ini Presiden Perancis Emmanuel Macron membuka pertemuan tersebut. Serta Perdana Menteri Barbados Mia Mottley yang bercerita negaranya mengalami dampak besar akibat perubahan iklim bicara dalam pembukaan acara,” tutur Sri Mulyani dalam postingan akun Instagramnya @smindrawati, Jumat (23/6/2023).

Lebih lanjut Dia mengatakan, perubahan iklim adalah ancaman bagi seluruh kemanusiaan dan dunia. Kerja sama global merupakan keharusan. Namun untuk mewujudkan itu sungguh tidak mudah dalam situasi dunia yang makin terfragmentasi.

Baca juga: Ini Utang BLBI Tutut Soeharto yang Diungkit Sri Mulyani

Sementara itu, menurutnya Indonesia akan terus berpartisipasi aktif dan konstruktif dalam ikut menjaga ketertiban dan keselamatan dunia berdasarkan perdamaian abadi, kemerdekaan dan keadilan sosial. Itu perintah konstitusi kita. (Reporter: Siti Masitoh | Editor: Handoyo)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sri Mulyani Terbang ke Paris, Bahas Hal Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com