Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Batasi Jumlah Cuitan, Ini Kata Pendiri Twitter

Kompas.com - 03/07/2023, 06:40 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri yang juga mantan CEO Twitter, Jack Dorsey, menanggapi kebijakan baru Twitter, yakni terkait pembatasan akses konten untuk penggunanya. Kebijakan yang baru diumumkan pada Minggu (2/7/2023) itu memang langsung menjadi perhatian publik.

Pembatasan akses membaca cuitan itu disampaikan langsung oleh bos Twitter, Elon Musk. Ia mengatakan, kebijakan batas membaca dilakukan untuk mengatasi permasalahan penarikan data dan manipulasi sistem.

Setelah pengumuman itu disampaikan, Jack Dorsey membuat cuitan yang menyatakan, mengoperasikan Twitter bukan hal mudah. Menurutnya, saat ini Twitter tengah melakukan upaya terbaik untuk membuat platformya terus berkembang.

Baca juga: Nasihat Obama, Bill Gates, dan Elon Musk untuk Anak Muda Penganut Hustle Culture

"Menjalankan Twitter memang sulit. Saya berharap tidak ada orang yang menanggung tekanan tersebut. Saya percaya tim Twitter tengah melakukan yang terbaik di bawah batasan yang mereka hadapi, yang mana sangat besar," tulis akun Twitter @jack, dikutip Senin (3/7/2023).

Lebih lanjut Jack bilang, memang lebih mudah untuk menyampaikan kritik terhadap suatu kebijakan dari kejauhan. Akan tetapi, ia meyakini, tujuan dari kebijakan yang diambil manajemen Twitter untuk membuat platform terus berkembang.

"Lebih mudah untuk mengkritik keputusan dari kejauhan, yang mana ini salah saya, tapi saya tahu tujuannya untuk membuat Twitter berkembang. Mereka akan berkembang," tulis Jack.

Sebagai informasi, sejumlah pengguna Twitter sempat mengeluhkan gangguan yang dialami pada Sabtu (2/7/2023) lalu. Mereka mengaku tidak bisa memperbarui konten di berandanya.


Setelah itu, Elon Musk mengumumkan kebijakan pembatasan mengakses konten secara harian. Jumlah konten pun disesuaikan berdasarkan jenis akun pengguna.

Semula, Twitter ketentuan pembatasan yang ditetapkan ialah, 6.000 unggahan per hari untuk akun terverifikasi, 600 unggahan per hari untuk akun tidak terverifikasi, dan 400 unggahan per hari untuk akun baru tidak terverifikasi.

Namun, jumlah tersebut terus diperbaharui. Teranyar Elon mengumumkan, akun terverifikasi dapat mengakses 10.000 unggahan per hari, akun tidak terverifikasi dapat mengakses 1.000 unggahan per hari, dan akun baru tidak terverifikasi dapat mengakses 500 unggahan per hari.

Baca juga: Segudang Pekerjaan Rumah CEO Baru Twitter Linda Yaccarino

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com