Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2023, 18:23 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN Jasa Survei, ID Survey, terus menggenjot sektor pengujian, inspeksi, dan sertifikasi atau testing, inspection, dan certification (TIC).

Direktur Utama ID Survey Arisudono mengatakan bahwa Holding BUMN jasa survei itu sudah meningkatkan kinerjanya pada tahun lalu.

"Ini semakin memantapkan langkah ID Survey menguatkan sektor TIC untuk menjadi perusahaan TIC top 5 di Asia Pasifik," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (4/7/2023).

Ia menyebut ketiga anggota ID Survey yakni PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai Induk Holding BUMN Jasa Survei, PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia sudah menunjukkan kinerja positif.

Baca juga: Laporan soal Dana Pensiun BUMN Bermasalah Rampung Bulan Ini

Pada 2022, performa ketiga perusahaan itu disebut naik 107,7 persen dibandingkan dengan tahun buku 2021. Selain itu, ID Survey juga membagikan dividen kepada Negara.

Sebelumnya, Pemerintah resmi membentuk Holding BUMN Jasa Survei yang dipimpin PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan beranggotakan PT Sucofindo serta PT Surveyor Indonesia. Pembentukan holding ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2021.

Holding BUMN Jasa Survei terbentuk usai dilaksanakannya inbreng saham Sucofindo dan Surveyor Indonesia ke Biro Klasifikasi Indonesia. Holding yang diberi nama ID Survey ini mengoptimalkan layanan jasa survei di tingkat nasional maupun memperluas ke pasar internasional.

Baca juga: Simak Jadwal Tes Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Tahap 2 dan Pengumumannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com