Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lowongan Kerja BUMN BKI untuk Lulusan S1, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Kompas.com - Diperbarui 28/06/2023, 19:36 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda lulusan Sarjana (S1) dari jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan dan sejenisnya ingin berkarier di perusahaan BUMN, simak lowongan berikut ini.

PT Biro Klasifikasi Indonesia atau BKI membuka lowongan kerja untuk posisi BKI Surveyor Development Program.

Lowongan pekerjaan ini terbuka bagi fresh graduate maupun yang memiliki pengalaman kerja di industri maritim sebagai owner surveyor, technical superintendent, QA/QC surveyors dan pekerjaan lainnya yang relevan.

Baca juga: BEI: Indonesia yang Pertumbuhan Perusahaan Baru Tercatatnya Terbesar di Dunia

PT BKI merupakan badan klasifikasi nasional yang secara resmi ditunjuk oleh Pemerintah RI untuk melakukan klasifikasi terhadap kapal-kapal berbendera Indonesia ataupun kapal-kapal asing yang beroperasi di wilayah NKRI, serta melakukan survei periodik untuk kapal yang telah beroperasi guna mengevaluasi status laik laut kapal tersebut.

Lowongan kerja BUMN BKI

Dilansir dari laman bki.co.id, Rabu (28/6/2023), berikut persyaratan dan cara daftar lowongan kerja BUMN BKI. 

BKI Surveyor Development Program adalah program pengembangan surveyor lapangan. Anda akan mengikuti program enam bulan komprehensif yang bertujuan menyiapkan surveyor untuk melaksanakan tugas-tugas termasuk, namun tidak terbatas pada:

  • Survey klas dan statutoria kapal dan unit bergerak lepas pantai.
  • Audit ISM dan ISPS (minimal pengalaman kerja 5 tahun di industri maritim).
  • Inspeksi atau sertifikasi bahan dan komponen.
  • Manajemen proyek kapal bangunan baru.

Baca juga: Sido Muncul Donasikan Rp 400 Juta untuk Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis di Semarang

Status kepegawaian Anda saat mengikuti program ini dan kelanjutan program peningkatan brevet adalah Pegawai Tidak Tetap (PKWT) selama 12 bulan.

Program ini terdiri dari 3 tahapan yaitu onboarding, class & statutory theoretical training dan job exposures dengan tahapan evaluasi secara berkala untuk menilai apakah Anda masih layak untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Selama masa PKWT, kandidat akan dievaluasi untuk pengangkatan sebagai pegawai tetap (PKWTT). Pegawai yang diangkat sebagai pegawai tetap (PKWTT) akan menjalani ikatan dinas selama 3 tahun.

 

Persyaratan:

  1. Minimal lulusan D4/S1 jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan atau Jurusan yang relevan.
  2. IPK D4/S1 minimal 2,75 Perguruan Tinggi (PT) akreditasi A atau IPK minimal 3.0 PT akreditasi B.
  3. Fresh graduate (0 sd < 2 tahun pengalaman kerja) atau memiliki pengalaman kerja < 2 tahun di industri maritim sebagai owner surveyor, technical superintendent, QA/QC surveyors dan pekerjaan lainnya yang relevan.
  4. Usia maksimum 30 tahun pada tanggal 31 Desember 2023.
  5. Kemampuan fisik yang diperlukan untuk melakukan fungsi rutin pekerjaan, misalnya bekerja di ketinggian, menaiki tangga pilot sisi kapal & masuk/keluar dari tangki dan ruang terbatas.
  6. Kemampuan komunikasi yang baik dan mempu berbahasa Inggris lisan dan tulisan.
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Ombudsman Tagih Utang Pemerintah ke Masyarakat, Kemenkeu: Sedang Ditangani

Tahapan Seleksi

Setiap tahapan seleksi dengan sistem gugur dan hasil setiap tahapan akan diinformasikan melalui website https://bki.co.id/.

  • Registrasi online: 27 Juni-11 Juli 2023
  • Seleksi psikologi dan nilai AKHLAK: 20-21 Juli 2023
  • Ujian tulis: 26 Juli 2023
  • Wawancara HRD: 27 Juli 2023
  • Wawancara user: 28 Juli 2023
  • Medical check up: 7-8 Agustus 2023

Sebagai catatan, jadwal seleksi sewaktu-waktu dapat berubah dan diinnformasikan pada waktunya. 

Baca juga: Misteri Hilangnya Tutut Soeharto dan Kemunculan Jusuf Hamka di CMNP

Cara daftar lowongan kerja BUMN BKI

Bagi Anda yang berminat dengan lowongan kerja di atas, bisa mengirimkan aplikasi lamaran ke BKIRECRUITMENT2023. Pendaftaran atau registrasi online dibuka hingga 11 Juli 2023.

Adapun dokumen yang perlu disiapkan antara lain Surat Lamaran, CV, Ijasah, Transkrip, Surat Keterangan Kerja di perusahaan sebelumnya (jika sudah berpengalaman) dan Sertifikat yang relevan. Semua dokumen tersebut digabung dalam 1 file pdf.  

Sertakan kode lamaran SDP-F (untuk pelamar 0 s.d. <2 tahun pengalama kerja) atau SPD-E (untuk pelamar berpengalaman kerja > 2 tahun).

"Waspada penipuan lowongan kerja yang mengatasnamakan PT. (Persero) Biro Klasifikasi Indonesia. Kami tidak akan pernah meminta pembayaran untuk memproses dokumen, merujuk Anda ke pihak ketiga untuk memproses aplikasi atau perjalanan, atau meminta Anda membayar biaya tertentu," tulis laman bki.co.id.

Jangan pernah mentransfer uang kepada siapa pun yang menyarankan mereka dapat memberikan pekerjaan di PT. (Persero) Biro Klasifikasi Indonesia. Perseroan hanya akan menghubungi Anda melalui email resmi kami rec@bki.co.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com