Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MIND ID Siapkan Dana untuk Serap 14 Persen Saham Vale Indonesia

Kompas.com - 09/07/2023, 21:45 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID menegaskan siap menyerap 14 persen saham yang akan didivestasikan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) sebagai kewajiban perpanjangan kontrak tambang dari sebelumnya Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Divestasi 14 persen saham yang akan dilakukan INCO ini sejatinya lebih besar dari kewajibannya yakni 11 persen.

Sebelumnya pada 1989, INCO telah memenuhi kewajiban divestasi kepada Indonesia melalui Initial Public Offering (IPO) dengan melepas 20 persen saham ke Bursa Efek Jakarta.

Baca juga: Kesepakatan IMO soal Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

 

Kemudian pada 2020, INCO menambah porsi divestasi sebesar 20 persen ke PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Maka itu sisa divestasi yang seharusnya dilakukan INCO sebesar 11 persen.

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID, Dilo Seno Widagdo membenarkan dari negosiasi yang berlangsung saat ini, Vale akan melepas sahamnya sebesar 14 persen.

“Memang betul arah dari negosiasi, Vale akan melepas saham nya sebesar 14 persen. MIND ID siap berapa pun besar saham yang akan dilepas, asalkan tetap bisa mengkonsolidasikan laporan keuangan Vale Indonesia,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Minggu (9/7/2023).

Baca juga: United Tractors Buka Banyak Lowongan Kerja, Fresh Graduate Bisa Daftar

Dilo mengungkapkan, nantinya sumber pendanaan untuk mengakuisisi 14 persen saham Vale Indonesia melalui dana internal Perusahaan.

Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID, Selly Adriatika sebelumnya mengatakan dalam keterangan resmi, komitmen menjadi pemegang saham pengendali merupakan salah satu upaya MIND ID meningkatkan nilai tambah dari produksi nikel INCO dengan mengembangkan industri hilir nikel di Indonesia.

"Kami tetap berkomitmen agar mayoritas saham INCO menjadi bagian dari konsolidasi di Indonesia. Kami yakin bahwa dengan menjadi pemegang saham pengendali INCO, kami dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan industri pertambangan dan mineral di Indonesia, terutama dalam sektor nikel," kata Selly dalam keterangan resmi Rabu (5/7).

Baca juga: Uji Coba LRT Jabodebek Tak Hanya pada Rangkaian Kereta, tapi Juga SDM

Selly menegaskan, MIND ID tetap mendukung kebijakan yang akan ditetapkan oleh pemerintah terkait INCO. Manajemen Perusahaan yakin keputusan yang diambil akan mengutamakan kepentingan bangsa dan tetap mempertahankan kedaulatan Indonesia dalam pengelolaan tambang di Tanah Air.

“MIND ID akan terus melakukan negosiasi dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dan mematuhi peraturan yang berlaku,” ujarnya. (Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo)

Baca juga: Indonesia Dinilai Harus Kuasai 51 Persen Saham Vale

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul MIND ID Siapkan Dana Internal untuk Serap 14% Saham Vale Indonesia (INCO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com