Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Ungkap Ada "Harta Karun" Migas di Papua

Kompas.com - 10/07/2023, 18:17 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia memiliki sumberdaya minyak dan gas (migas) yang berlimpah.

Bahkan kata dia, ada protensi sumberdaya migas yang lebih besar dari Blok Masela. Lokasinya berada di Warim, Papua.

"Kita ketemu gas di Masela hampir 25 TCF (triliun kaki kubik). Kita juga sepertinya ketemu di Warim, itu bisa mungkin hampir dua kali seperti Masela. Bisa malah di situ kita ketemu juga cadangan minyak yang mungkin cadangan di Nduga 27 miliar barel," katanya dalam Economy Update 2023, Senin (10/7/2023).

Baca juga: Luhut Sebut Pemerintah Bakal Setop Ekspor Gas

Dengan kekayaan migas itu, pemerintah mempertimbangkan untuk menghentikan ekspor migas. Nantinya, temuan "harta karun" tersebut akan dimanfaatkan untuk dalam negeri.

"Jadi kaya sekali negerimu ini. Kaya sekali Indonesia ini, ngapain ribut-ribut, kita kerja sama aja kita bikin rakyat sejahtera," ucap Luhut.

Cadangan minyak bumi Indonesia diperkirakan bertahan 9-10 tahun lagi. Perhitungan itu dilihat dengan kondisi tingkat konsumsi sama dengan saat ini dan tidak ada penemuan sumber cadangan yang baru.

Itu sebabnya, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyiapkan beberapa strategi untuk meningkatkan produksi minyak di Tanah Air. Salah satunya dengan menggenjot eksplorasi.

Baca juga: IMF Bujuk RI Cabut Larangan Ekspor Nikel, Luhut: Ngapain Kami Tolong Negara Maju

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebutkan, terdapat 6-7 area potensi migas sedang dikembangkan, sehingga nantinya dapat meningkatkan cadangan dan diharapkan bisa meningkatkan produksi.

"Inilah taruhan kita menuju (target) 1 juta barel minyak per hari pada 2030. Kegiatan-kegiatan di (Blok) Cepu menunjukkan ada harapan tambahan. Di Rokan, dengan pengeboran masif kita bisa menekan tren penurunan produksi. Pengembangan ke depan adalah dengan (mengoptimalkan) potensi-potensi area baru," ujarnya  di Jakarta, Jumat (10/2/2023), dilansir dari Kompas.id.

Salah satu potensi yang diharapkan menambah cadangan dan produksi migas adalah Blok Warim di Papua. Berdasarkan data Kementerian ESDM, di Warim, potensi minyak bumi mencapai 25 miliar barel minyak dan gas bumi sebesar 47,27 triliun kaki kubik (TCF).

Baca juga: Cerita Luhut soal Program Hilirisasi Jokowi, Diragukan Negara Maju tapi Dipuji Negara Sahabat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com