Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Riset Snapcart: Shopee Affiliate Pimpin Pasar Program Afiliasi E-Commerce

Kompas.com - 14/07/2023, 12:29 WIB
Aningtias Jatmika,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.comShopee Affiliate Program menjadi program afiliasi e-commerce dengan nilai transaksi tertinggi atau share of orders di Indonesia, yakni 59 persen.

Hal itu terungkap dalam riset online bertajuk “Potensi Program Afiliasi dalam Peta Persaingan E-commerce” yang dilakukan Snapcart terhadap 500 responden berusia 19-35 tahun dari berbagai wilayah di Indonesia pada Juli 2023.

Angka tersebut mengungguli program afiliasi e-commerce lain, seperti TikTok Affiliate yang hanya meraih 27 persen, Tokopedia Affiliate Program dengan raihan 11 persen, dan Lazada Affiliate Program sebesar 2 persen.

Director Snapcart Indonesia Astrid Williadry mengatakan, program afiliasi tidak hanya membantu pelaku bisnis meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar lebih luas.

“Program afiliasi juga merupakan salah satu strategi ampuh bagi e-commerce untuk meningkatkan traffic kunjungan ke platform e-commerce itu sendiri,” ujar Astrid dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/7/2023).

Lebih dari itu, lanjut dia, program afiliasi juga melahirkan tren dan profesi baru dalam hal memonetisasi digital. Kini, program afiliasi dimanfaatkan sebagai medium untuk menghasilkan pendapatan tambahan yang minim risiko. Terlebih, program ini juga memiliki fleksibilitas waktu dan dapat dikerjakan di mana saja.

Tak hanya itu, e-commerce juga membebaskan masyarakat untuk berkreasi dalam menciptakan konten dari beragam kategori produk, mulai dari fesyen dan kecantikan, gaya hidup, rumah tangga, makanan dan minuman, hingga elektronik.

“Tren pemasaran afiliasi mengombinasikan pemanfaatan teknologi dan kemampuan manusia sehingga menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih personal dan interaktif lewat konten-konten visual ataupun video kreatif,” jelas Astrid.

Unggul pada tiga indikator

Menurut survei tersebut, terdapat tiga indikator utama yang mendorong nilai transaksi pada program afiliasi.

Pertama, program afiliasi yang paling diingat atau top of mind (TOM). Adapun Shopee Affiliate Program juga berhasil menduduki peringkat pertama dengan persentase 69 persen. Angka ini mengungguli pesaing lain, seperti TikTok Affiliate Program sebesar 16 persen, Tokopedia Affiliate Program sebesar 12 persen, serta Lazada Affiliate Program sebesar 2 persen.

Kedua, program afiliasi yang paling sering digunakan atau brand used most often (BUMO). Sebanyak 70 persen responden memilih Shopee Affiliate Program sebagai BUMO. Sementara itu, TikTok Affiliate Program hanya dipilih oleh 16 persen responden, Tokopedia Affiliate Program 12 responden, dan Lazada Affiliate Program 2 persen responden.

Ketiga, program afiliasi dengan komisi paling menguntungkan. Pada indikator ini, Shopee Affiliate Program unggul dengan raihan 68 persen. Sementara itu, TikTok Affiliate Program hanya meraih 17 persen, Tokopedia Affiliate Program 12 persen, dan Lazada Affiliate Program 2 persen.

Berkaca pada data itu, Astrid menilai bahwa program afiliasi berdampak positif bagi seluruh ekosistem platform e-commerce.

“Afiliasi menguntungkan seluruh pihak yang berperan di dalamnya,” kata dia.

Produk lengkap dan penawaran menarik

Seperti fitur dan program lain yang dihadirkan, pengguna juga memiliki preferensi tersendiri saat memilih program afiliasi yang ditawarkan oleh e-commerce.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com