Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Rosan Roeslani, Pengusaha yang Kini Jadi Wamen BUMN

Kompas.com - 17/07/2023, 10:14 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) pada hari ini, Senin (17/7/2023).

Rosan ditunjuk menjadi Wamen BUMN menggantikan posisi Pahala Mansury yang juga dilantik Jokowi menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Pada kesempatan itu, para jajaran Kabinet Indonesia Maju yang dilantik menyampaikan sumpahnya menurut agama masing-masing. Pembacaan sumpah dipimpin langsung oleh Jokowi.

"Secara bersama-sama harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya," ujar Jokowi saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Baca juga: Rosan Perkasa Terpilih Jadi Ketua Umum Kadin 2015-2020

"'Bahwa saya akan setia kepada setia kepada undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatanakan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab'," ucap Jokowi yang diikuti para pejabat yang dilantik.

Dengan dilantiknya Rosan sebagai Wamen BUMN, maka dia akan bekerja bersama dengan Wamen BUMN Kartiko Wiroatmodjo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Profil Rosan Roeslani

Pria kelahiran Jakarta, 31 Desember 1968 itu merupakan seorang pengusaha.  Rosan merintis usaha bersama dua sahabatnya, antara lain Sandiaga Uno yang sekarang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendirikan PT Republik Indonesia Funding alias Finance Indonesia yang merupakan perusahaan penasihat keuangan (financial advisors).

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia membuat bisnis Rosan dkk makin moncer. Banyak perusahaan yang memerlukan talent untuk kembali menyehatkan bisnis mereka.

Pada 2002, Finance Indonesia berganti nama menjadi Recapital. Bisnis Rosan pun menggurita mulai dari pertambangan, infrastruktur, properti, hingga media massa.

Selain jadi pengusaha, Rosan juga aktif di organisasi. Alumnus Oklahoma State University ini bergabung bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).  Pada 2015 Rosan terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Saat ini di Kadin ia menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan.

Rosan tercatat pula pernah menjadi Ketua Satuan Tugas Omnibus Law UU Cipta Lapangan Kerja.

Pada masa Pilpres 2019 lalu, Rosan juga bergabung sebagai Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. Ia bahkan menjabat sebagai Wakil Ketua TKN. Rosan pun diangkat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) pada 25 Oktober 2021 dan efektif memulai jabatannya pada Desember 2021.

Tak sampai 2 tahun, Jokowi memanggil pulang Rosan, dan melantiknya menjadi Wakil Menteri BUMN pada 17 Juli 2023. Rosan menggantikan Pahala Mansury yang bergeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Baca juga: Luhut Cerita Pernah Ditegur Dubes AS karena Merugikan Negaranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com