Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenko Marves: Kita Tidak Mau Masuk Jebakan Diskusi Politik Saat KTT AIS Forum

Kompas.com - 20/07/2023, 22:20 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengatakan tidak akan ada pembahasan politik dalam Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (KTT AIS Forum) pada 10-11 Oktober 2023.

Kepala Biro Komunikasi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Andreas Dipi Patria mengatakan, selama 5 tahun berjalannya forum tersebut tidak pernah menyinggung persoalan politik.

"Cara kita selama ini sudah berjalan empat, lima tahun terakhir adalah setiap pertemuan kita selalu confess (akui) ke mereka bahwasanya AIS Forum ini adalah satu forum seperti yang tadi saya jelasin berulang-ulang dan kita tidak mau masuk dalam jebakan diskusi politis," ucapnya dalam media briefing mengenai KTT AIS Forum, Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Baca juga: KTT AIS Forum Bakal Bahas Isu Ekonomi Biru hingga Illegal Fishing

Namun Andreas tidak memungkiri adanya potensi sejumlah negara lain yang akan mencoba menyuarakan hal politik dalam KTT AIS Forum. Indonesia kata dia, tidak bisa mencampuri cara pandang suatu negara terhadap negara lain.

Andreas mengatakan pemerintah Indonesia sudah menegaskan tidak ada pembahasan politik. Namun tidak menutup kemungkinan akan dibahas mengenai perubahan iklim hingga target emisi nol karbon.

"Kita enggak mungkin ngomong soal Ukraina," kata dia.

Baca juga: Luhut Berharap AIS Forum Dorong Indonesia Wujudkan Visi Poros Maritim Dunia

AIS Forum adalah platform kerja sama konkret yang dibentuk untuk mewadahi 47 negara pulau dan kepulauan di seluruh dunia, untuk bersama-sama mengatasi tantangan dan permasalahan yang dihadapi, khususnya pada sektor pembangunan kelautan.

Indonesia memandang penting Forum AIS sebagai forum untuk membangun kemitraan strategi dengan negara, organisasi, dan pelaku pembangunan lain, baik di tingkat regional maupun global secara aktif.

Baca juga: Luhut Beberkan Keberhasilan RI Selama Bergabung 4 Tahun di AIS Forum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com