Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Ketua Komisi VII DPR Sebut Ahok Bakal Jadi Dirut Pertamina

Kompas.com - 25/07/2023, 16:50 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar perubahan posisi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) terus berlanjut dan kian menguat. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dikabarkan bakal menjadi Dirut Pertamina menggantikan Nicke Widyawati.

Adapun saat ini Ahok menjabat sebagai Komisaris Utama (Komut) Pertamina.

Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi PAN Eddy Soeparno pun mengaku telah mendapatkan informasi bahwa Ahok jadi Dirut Pertamina. Ia bilang, informasi ini didapatkan secara informal.

"Kami sudah mendengar bahwa Pak Ahok akan menggantikan Ibu Nicke," ungkapnya kepada Kompas.com, Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Erick Thohir Buka Suara Soal Pemanggilan Ahok dan Bos Pertamina

Ia mengatakan, nantinya posisi Komut Pertamina yang ditinggalkan Ahok akan diisi oleh Wakil Menteri (Wamen) BUMN. Namun belum dapat dipastikan apakah Kartika Wirjoatmodjo atau Rosan Roeslani yang akan ditunjuk menjadi Komut Pertamina.

Selain itu, Eddy juga mengaku mendapatkan informasi bahwa Komut BNI Agus Martowardojo bakal menjadi Komut PLN menggantikan Amien Sunaryadi.

"Itu informasi yang kami terima terkait dengan kemitraan kami, Pertamina dan PLN. Tetapi tentu informasi yang saya terima ini perlu diklarifikasi keabsahannya ke Kementerian BUMN yang memang berhak untuk memberikan konfirmasi," jelas Eddy.

Kompas.com pun telah mencoba menghubungi Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga untuk mengkonfirmasi informasi perubahan susunan petinggi BUMN tersebut, khususnya perihal pergeseran Ahok jadi Dirut Pertamina, namun hingga saat ini belum merespons.

Baca juga: Ahok Usul Anak Usaha Pertamina Pindah Kantor, DPR: Kami Tak Menolak Jika Tujuannya Efisiensi

Sebelumnya, Ahok dan Nicke memang terpantau sempat menemui Menteri BUMN Erick Thohir di Kementerian BUMN. Berdasarkan catatan Kompas.com, Ahok bertemu Erick pada Selasa (18/7/2023), sementara Nicke pada Kamis (20/7/2023).

Seiring dengan kedatangan Ahok dan Nicke tersebut, beredar rumor bahwa akan ada pergantian direksi di tubuh perusahaan migas pelat merah itu.

Terkait rumor tersebut, Erick mengatakan, pada dasarnya pergeseran tugas merupakan hal mungkin saja terjadi. Namun saat itu dia menyebut belum ada keputusan terkait perubahan susunan kepengurusan Pertamina.

"Saya rasa tour of duty bisa saja terjadi, tetapi saya belum mengkonfirmasi kalau itu memang keputusan," ujarnya saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/7/2023).

Baca juga: Kala Ahok Sentil Anak-anak Usaha Pertamina Sewa Kantor Mewah di Jakarta...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com