Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata: Tahun Politik Tidak Berkontribusi Signifikan pada "Traffic" Penggunaan Data

Kompas.com - 31/07/2023, 12:44 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT XL Axiata Tbk (EXCL) memperkirakan tahun politik tidak berkontribusi signifikan pada traffic penggunaan data konsumen.

Menurut Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, traffic tahun politik tidak berkontribusi signifikan jika dibangingkan dengan Lebaran, Natal, dan Tahun Baru.

“Traffic tahun politik tidak pernah kita hitung khusus, biasanya cuma Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Tahun politik akan berpengaruh kalau ada kampanye di spot khusus seperti GBK. itu saja yang berbeda dari tahun biasa,” ungkap Gede di Jakarta, Senin (31/7/2023).

Baca juga: XL Axiata Raih Laba Rp 657,5 Miliar pada Semester I-2023

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan tahun politik akan memberikan perubahan pada sektor telekomuniasi dan makro ekonomi.

Sebab traffic penggunaan data pada sektor telekomunikasi akan lebih intens karena masifnya kampanye yang dilakukan.

“Tahun politik biasanya memberikan perubahan, enggak cuma industri telco tapi makro ekonomi juga. Untuk XL atau dunia telco perubahannya adalah karena telekomunikasi akan jauh lebih intens karena para calon banyak melakukan kampanye,” jelas Dian.

“Jadi memang biasanya terjadi peningkatan traffic, tapi peningkatan traffic masa kampanye masih jauh dari masa Lebaran,” tambahnya.

Baca juga: XL Axiata Catat Pertumbuhan Pendapatan 12 Persen Menjadi Rp 7,5 Triliun di Kuartal I-2023

Sepanjang tahun ini, EXCL akan mempertahankan pertumbuhan pendapatan pada high single digit hingga akhir 2023. Menurut Dian, meski pendapatan mengalami pertumbuhan hingga 12 persen atau double digit pada kuartal I-2023, pihaknya akan mempertahankan target pertumbuhan high single digit sampai dengan akhir tahun ini.

“Kenapa high single digit? Kita harus berhati-hati dengan kondisi makro ekonomi, karena sekarang lebih soft. Harus mencermati ekonomi global dan harga komoditi, kita harus hati-hati dari sisi spending power customer,” kata Dian.

Baca juga: Laba Bersih 2022 Turun, XL Axiata Bakal Tebar Dividen Rp 551,7 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com