Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia Catat Penjualan Online Kendaraan Listrik Naik di Semester I-2023

Kompas.com - 31/07/2023, 20:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia mengatakan, kategori produk Rumah Tangga, Otomotif, Fesyen, Elektronik, Hobi dan Gaya Hidup menjadi produk yang paling diminati pelanggan Tokopedia selama semester I 2023.

Corporate Affairs Lead Tokopedia Antonia Adega mengatakan, penjualan mobil listrik dan motor listrik di Tokopedia masing-masing meningkat hampir 4 kali lipat dan 10 kali lipat.

"Demi mengakomodasi tingginya kebutuhan masyarakat akan berbagai produk otomotif, kami menghadirkan Tokopedia Garage, yang menyediakan pilihan produk otomotif dengan flash sale serba Rp 5.000,” kata Antonia dalam keterangan resmi, Senin (31/7/2023).

Antonia mengatakan, lewat Tokopedia Garage, masyarakat bisa membeli kendaraan listrik, baik mobil maupun motor dengan diskon hingga Rp 10 juta.

Baca juga: Konversi Kendaraan Listrik Dinilai Hemat Biaya, Ini Hitungan Pengusaha

"Hal ini sejalan dengan salah satu komitmen ‘Tiga Nol’ GoTo, dalam hal ini Nol Emisi Karbon (Zero Emission), sekaligus mendukung program pemerintah dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik,” ujarnya.

Antonia mengatakan, selain kategori otomotif, penjualan produk Fesyen juga mengalami tren positif.

Ia mengatakan, beberapa produk fesyen seperti baju muslim anak, pakaian muslim pria dan outerwear muslim wanita menjadi yang paling laris dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 3 kali lipat.

"Di kategori produk Rumah Tangga, pengukur kualitas udara serta lem dan gunting pipa menjadi produk terlaris. Sedangkan di kategori produk Otomotif, mobil, motor dan oli menjadi sejumlah produk paling laris, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat,” tuturnya.

Baca juga: Indonesia Akan Tiru Vietnam dan Thailand Terkait Insentif Kendaraan Listrik

Lebih lanjut, Antonia mengatakan, pada kategori produk Elektronik di Tokopedia, True Wireless Stereo (TWS), smartphone hingga tablet menjadi sejumlah produk terlaris dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 4,5 kali lipat.

"Sedangkan pada kategori produk Hobi dan Gaya Hidup, perangkat virtual reality, sim card international dan board game tercatat sebagai sejumlah produk yang paling laris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 6 kali lipat,” ucap dia.

Baca juga: Pasar Kendaraan Listrik di RI Berpotensi Mencapai 20 Miliar Dollar AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com