Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Nilai Tol Bocimi Seksi II Bisa Tingkatkan Investasi dan Perekonomian

Kompas.com - 07/08/2023, 20:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) meyakini investasi dan perekonomian di Sukabumi meningkat usai Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong-Cibadak diresmikan.

Pasalnya, dengan dioperasikannya tol tersebut pada Jumat (4/8/2023) lalu dapat memangkas waktu tempuh Jakarta-Sukabumi dari 4-6 jam menjadi 2,5 jam.

"Kami mengapresiasi peresmian tol ini. Karena dengan adanya akses tol ini diharapkan dapat meningkatkan investasi dan perekonomian daerah sekitar," ujar Ketua Umum BPP Hipmi Akbar Himawan Buchari dalam keterangannya, Senin (7/8/2023).

Bendahara Bakastra Hipmi TB M Ali Ridho Azhari menambahkan, dengan lebih singkatnya perjalanan melalui Tol Bocimi maka dapat mendongkrak jumlah wisatawan di daerah Sukabumi.

Baca juga: Jalan Tol Puncak Bakal Tersambung dengan Tol Bocimi

Mengingat wilayah ini memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik seperti Suaka Elang di Cigombong, Arum Jeram Cisadane di Caringin, Kebun Durian Warso di Cijeruk, dan Danau Lido di Cigombong.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, jumlah wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi pada 2021 mencapai 604.143, baik domestik maupun mancanegara. Rinciannya 277 wisatawan mancanegara dan 630.866 wisatawan domestik.

"Harapannya, kunjungan wisatawan meningkat. Karena banyak sekali tempat wisata di daerah Sukabumi," kata Ali Ridho.

Selain itu, Hipmi menilai kehadiran Tol Bocimi dapat mengerek perekonomian warga sekitar, termasuk pelaku usaha yang ada di wilayah tersebut.

Baca juga: Jokowi Curhat Pernah Terjebak Macet 6 Jam ke Sukabumi Sebelum Ada Tol

Oleh karenanya, Hipmi mengaku siap jika pemerintah membutuhkan mitra untuk pengelolaan objek wisata di Sukabumi sehingga sinergi antara pemerintah dan pengusaha lokal dapat terealisasi dengan baik.

"Kami siap, dan berharap menjadi mitra strategis Pemerintah. Baik dalam mengembangkan tempat wisata dan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Kami juga siap ketika ditunjuk untuk mendampingi pelaku UMKM lokal," ucap Kepala Pusat Kajian Infrastruktur Properti dan Pariwisata Bakastra Hipmi Dimas Dwi Ananto.

Sebagai informasi, Tol Bocimi memiliki total panjang 54 kilometer (km) yang terbagi menjadi 4 Seksi. Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018.

Kemudian Seksi II Cigombong-Cibadak sepanjang 11,90 km yang telah selesai konstruksi dan sudah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) untuk segera dioperasikan.

Sementara itu, untuk Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Baca juga: Erick Thohir: Suntikan PMN Rp 3 Triliun Buat Waskita Dialihkan ke Hutama Karya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com