Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permudah Masyarakat Punya Rumah, BTN Gelar Akad KPR 10.000 Unit Rumah Serentak

Kompas.com - 08/08/2023, 21:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

 

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menggelar akad kredit pemilikan rumah (KPR) massal serentak di seluruh Indonesia pada Selasa (8/8/2023).

Adapun akad KPR yang dilakukan meliputi KPR Bersubsidi, KPR Nonsubsidi, pembiayaan syariah, dan KUR dengan jumlah 10.000 unit rumah.

Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, hal ini untuk mendukung pemerintah merealisasikan Program Sejuta Rumah sekaligus mempermudah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) memiliki rumah.

"Kami ingin terus menjadi bagian penting pemerintah dalam mensejahterakan rakyat dalam mewujudkan rumah yang layak huni," ujarnya saat acara Akad Massal Serentak KPR Bank BTN di Perumahan Puri Delta Tigaraksa, Tangerang, Selasa (8/8/2023).

Baca juga: BTN Berencana Akuisisi Satu Bank Syariah Sebelum Akhir Tahun

Salah satu tempat pelaksanaan akad KPR massal ini ialah di Perumahan Puri Delta Tigaraksa, Tangerang.

Di tempat ini, Bank BTN melaksanakan akad KPR untuk sekitar 201 orang dimana 140 orang melaksanakan akad KPR konvensional, 46 orang akad syariah, dan 12 orang penyaluran KUR, dan 3 akad motor listrik.

"Jadi kita sambungkan juga dengan motor listrik karena di BTN memang menjualnya ini dibundling. Jadi dia beli KPR, sisa limitnya ditawarkan motor listrik. Ini juga ke depannya sangat berguna untuk efisiensi penggunaan energi," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengungkapkan, akad massal ini sekaligus sebagai rangkaian kegiatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2023 dengan tema Melanjutkan Kolaborasi Mewujudkan Hunian Layak Berkelanjutan dan Terjangkau untuk Semua.

Baca juga: BP Tapera-BTN Permudah Ojol, Tukang Cukur, hingga Honorer Cicil Rumah

"Tema ini juga tampaknya sejalan dengan tema akad massal yang dilaksanakan hari ini karena kolaborasi dan Sinergi merupakan kata kunci penting bagi akselerasi untuk pembangunan khususnya Perumahan Indonesia," ucap Iwan.

Iwan berharap Bank BTN bisa mendorong skema pembiayaan yang lebih inovatif dan kreatif khususnya bagi generasi milenial yang banyak bekerja di sektor informal.

Selain itu, Kementerian PUPR juga mendorong pengembang untuk bersama-sama meningkatkan kualitas rumah untuk rakyat salah satunya dengan konsep green housing serta menciptakan ruang lingkungan hunian yang lebih asri.

Baca juga: Cara Pekerja Informal Cicil Rumah Lewat Tabungan BTN Rumah Tapera

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com